Arzeti Bilbina Ikut Bicara Tentang Bahaya Bisphenol-A

- 21 Juli 2021, 18:33 WIB
Arzeti Bilbina soroti bahaya Bisphenol-A./dok.istimewa
Arzeti Bilbina soroti bahaya Bisphenol-A./dok.istimewa /

GALAMEDIA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB, Arzeti Bilbina, SE, M.A.P, ikut bicara tentang bahaya BPA atau Bisphenol A.

Ia memberi tanggapan dan ikut mendukung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), agar segera melebeli kemasan plastik yang mengandung BPA.

"Saya berharap BPOM segera memfasilitasi info sehat untuk masyarakat agar lebih cerdas memilih makanan dan minuman dalam kemasan plastik. Menginfokan melalui pelabelan dalam kemasan plastik yang mengandung zat Bisphenol A yang berbahaya," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Arzeti tentu bukan asal setuju. Beberapa bulan silam Arzeti menyampaikan hal serupa.

Masyarakat, saran Arzeti, perlu mencermati informasi yang tertera pada label kemasan makanan dan minuman, apakah cocok dikonsumsi sesuai dengan usianya.

Baca Juga: Salah Satu Pelawak Terbaik Srimulat Meninggal, Dunia Hiburan Tanah Air Berduka pada 21 Juli 2007

"Walau ada regulasi BPOM yang mengatur batas migrasi maksimal BPA adalah sebesar 0,6 bagian per juta (bpj, mg/kg), tetap saja zat BPA tersebut masuk dalam katagori zat berbahaya terutama bagi kesehatan usia rentan yaitu bayi, balita dan janin pada ibu hamil," terangnya.

Masyarakat setidaknya telah aware tentang bahaya BPA. Seperti yang sudah dilansir dari peneliti gabungan dari negara Thailand, Jepang dan Amerika Serikat.

Januari 2021 lalu peneliti gabungan tersebut telah merilis hasil penelitian efek paparan BPA pada gen terkait autisme dan hubungannya dengan fungsi hipokampus.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x