Jabar Salurkan Bantuan Pasokan Oksigen Melalui Poskibar

- 23 Juli 2021, 17:28 WIB
Satgas Oksigen Jabar saat mengirim tabung oksigen ke kabupaten/kota di Jabar.
Satgas Oksigen Jabar saat mengirim tabung oksigen ke kabupaten/kota di Jabar. /(Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar)/

 

GALAMEDIA - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menghadirkan layanan Posko Oksigen Jawa Barat atau Poskibar, Rabu, 21 Juli 2021.

Poskibar berfungsi dan bertugas mengelola penyaluran bantuan kebutuhan oksigen di Jabar.

Kebutuhan terhadap oksigen terus mengalami peningkatan. Selain rumah sakit, tabung oksigen juga dibutuhkan pasien-pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Hari ini mengawali semangat manajemen oksigen di Jawa Barat yang jauh lebih baik. Ada pos komando (posko) Jawa Barat, ada posko kabupaten/kota yang tadi diserahkan dan kami juga akan membuat manajemen pinjaman tabung oksigen untuk warga,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Kerjasama dengan Danone Indonesia, Kemenparekraf Percepat Program Vaksinasi

Ketua Poskibar Taufiq Budi Santoso menuturkan, melalui Poskibar, Pemda Provinsi Jabar akan memastikan data pasokan dan kebutuhan oksigen di kabupaten/kota. Tidak hanya melakukan pendataan kebutuhan oksigen untuk rumah sakit, namun juga perkiraan kebutuhan untuk pasien isoman.

“Kita telah mengatur dan merencanakan bagaimana ini (Poskibar) dapat berjalan proper. Pasokan oksigen dapat sampai ke rumah sakit. Kita bisa cepat mengirimkan, jangan sampai terlambat. Satu menit, satu jam itu sangat menentukan nyawa orang,” tuturnya.

Sejak dibentuk, Posko Oksigen Jawa Barat telah menerima bantuan CSR berupa tabung oksigen sejumlah 2239 tabung yang bersumber dari bantuan Baznas Provinsi Jawa Barat sebanyak 400 Tabung, PT Abyro Multitekno Cemerlang 173 Tabung, Bantuan dari Singapura sebanyak 1466 Tabung, dan dari Kementerian Kesehatan Sebanyak 200 Tabung.

Bantuan tabung oksigen tersebut telah disalurkan Poskibar sesuai dengan kebutuhan oksigen pada setiap kabupaten/kota di Jawa Barat. Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Poskibar akan melakukan rekap data kebutuhan oksigen serta untuk evaluasi rencana pendistribusian tabung.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x