Klaim PPKM Level 4 Buahkan Hasil, Luhut Binsar Pandjaitan Sampaikan Kabar Gembira untuk 3 Wilayah

- 24 Juli 2021, 19:49 WIB
 Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan jadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan jadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali. /

 

GALAMEDIA - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berganti istilah menjadi PPKM Level 4 membuah hasil di sejumlah daerah.

Kabar tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan persnya, Sabtu, 24 Juli 2021.

Ia menyebutkan, telah terjadi tren penurunan kasus aktif Covid-19 sejak minggu pertama PPKM di DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Saya minta pada teman-teman sekalian, meskipun ada penurunan dibandingkan dengan minggu pertama penerapan PPKM, tren penurunan mobilitas dan aktivitas tetap harus dipertahankan," kata Luhut.

Luhut menjelaskan, upaya mempertahankan penurunan mobilitas dan aktivitas berpengaruh besar terhadap penurunan kasus aktif. Hal itu didasari pada variabel laju transmisi kasus, respons kesehatan dan kondisi sosiologis masyarakat.

Baca Juga: Jokowi Digugat Rp 5,4 Triliun oleh Peternak, Demokrat: Presiden Kok Hobi Lip Service, Janji dan Drama?

"Dengan menggunakan dasar tersebut, akan menjadi bahan evaluasi penurunan level PPKM pada suatu daerah," katanya.

Untuk itu, Luhut meminta kepada pemerintah daerah di wilayah Jawa dan Bali agar terus memperketat dan memberikan edukasi soal disiplin prokes kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, Luhut memaparkan tren penurunan indeks komposit yang signifikan pada wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Menurutnya, sebagian besar wilayah telah melewati puncak kasus dan mulai mengarah menurun.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x