Virus Corona Varian Delta Sudah Ditemukan di Kabupaten Garut

- 25 Juli 2021, 20:11 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan.
Bupati Garut, Rudy Gunawan. /Agus Somantri/Galamedia/

GALAMEDIA - Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap wabah Covid-19 yang terus bermutasi. Hal itu sehubungan dengan telah ditemukannya kasus Covid-19 varian delta di wilayah Kabupaten Garut.  

Rudy mengatakan, dari hasil laporan laboratorium RSUD dr.Slamet Garut, sudah ditemukan beberapa pasien yang terserang Covid 19 delta. Hal itu diketahui setelah  hasil tes sampel yang dikirim ke Jakarta keluar.

"Ini jelas berbahaya sekali, karena penyebaran dan penularan serta menyerang tubuhnya sangat cepat," ujarnya, Ahad 25 Juli 2021.

Rudy pun mengimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi Protokol Kesehatan (prokes) secara ketat karena penularan virus varian delta tersebut penyebarannya enam kali lipat lebih cepat dari virus Covid-19 yang belum bermutasi.

Baca Juga: 2 Agustus Trending Topic, Netizen Heboh Soal Perpanjangan PPKM Level 4: 17 Agustus Merdeka Bebas Corona

"Gunakan masker 2 lapis dan atur jaga jarak saat melakukan aktifitas di luar, biasakan membawa hand sanitizer atau sesering mungkin cuci tangan setelah melakukan kegiatan," ucapnya.

Direktur RSUD dr. Slamet Garut, Husodo Dewo Adi, membenarkan terkait adanya virus Corona Varian Delta yang ditemukan di Kabupaten Garut tersebut. Menurutnya, pada bulan Juni kemarin pihaknya mengirim sampel ke laboratorium di Jakarta dan hasilnya  
baru keluar minggu ini.

"Dari 10 hingga 12 sampel yang kita kirim, setengahnya positif virus Corona varian delta," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Garut, Asep Surahman, menyebutkan dari ribuan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Garut di antaranya sudah ada yang terpapar Covid-19 varian delta.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X