Sayangkan Aturan Makan di Tempat 20 menit Jadi Lelucon, Dokter Tompi: Mengurangi Risiko Tertular

- 28 Juli 2021, 12:59 WIB
dr. Tompi
dr. Tompi /Instagram.com/@dr_tompi



GALAMEDIA - Baru-baru ini penyanyi sekaligus dokter,  Teuku Adifitrian atau akrab disapa dr. Tompi turut memberikan tanggapan terkait peraturan PPKM mengenai makan ditempat selama 20 menit.

Melalui akun Twitter pribadinya @dr_tompi, penyanyi tersebut nampak menyangkan aturan tersebut, lantaran dijadikan lelucon oleh masyarakat.

Dokter Tompi mengungkapkan bahwa aturan makan di tempat selama 20 menit memiliki penekanan agar jangan berlama-lama untuk mengurangi risiko tertular Covid-19.

Baca Juga: 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan Peringkatnya di Dunia Versi Webometrics Juli 2021

"Makan 20 menit aja dijadikan lelucon, memang kita ini senang bercanda," kata dr. Tompi dilansir Galamedia dari akun Twitter @dr_tompi pada Rabu, 28 Juli 2021.

"Tapi terlepas dari itu, saya menangkap maksud dari makan 20 menit itu bukan masalah waktunya, tapi penekanan 'Jangan berlama-lama, mengurangi risiko tertular, biar hidup lebih lama'," sambungnya.

Dalam unggahannya, dokter Tompi juga mengingatkan bahwa bercanda boleh-boleh saja tapi jangan sampai kebablasan.

"Becanda boleh, tapi jangan kebablasan," ujar dr. Tompi.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Dunia Sudah Gelontorkan Dana Hingga Rp159.5 Kuadriliun Untuk Hadapi Pandemi Covid-19

Lebih jauh, dokter Tompi juga turut mengimbau seluruh masyarakat mempergunakan energinya untuk menghentikan penularan Covid-19, ketimbang hanya mencari sisi negatif kebijakan pemerintah.

"Ayolah energinya kita habiskan buat sama-sama menghentikan penularan Covid-19 ini, daripada habis untuk menghujat dan nyari negatifnya mulu," tutur dr. Tompi

"Katanya dah cape sama keadaan begini, kalau hak bareng dan seirama gak bakalan beres. Nah, kalau semua mau bikin irama sendiri-sendiri bingung lah," sambungnya.

Seperti diketahui, setelah pemerintah mengumumkan aturan PPKM yang perbolehkan makan di tempat selama 20 menit, banyak netizen yang mengkritik kebijakan tersebut, mulai dari membuat meme hingga menjadikanya lelucon.

Baca Juga: Mahfud MD Pastikan Jokowi Tak Bisa Dijatuhkan Karena Covid-19, Fahri Hamzah: Aduh Bapak, Ngapain Sih...

Meski demikian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa waktu 20 menit cukup bagi seseorang untuk makan di tempat.

Menurut Tito Karnavian, dengan membatasi waktu makan di tempat selama 20 menit, dapat mencegah terjadinya droplet serta aerosol bertebaran. Karena tidak adanya kesempatan untuk dapat mengobrol atau tertawa.

Tito Karnavian juga menjelaskan, pemerintah memutuskan waktu 20 menit makan di tempat supaya tidak terjadi pengumpulan orang di dalam restoran atau rumah makan.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x