Aturan Makan 20 Menit, Ahli Epidemiologi: 5 Menit Saja Varian Delta atau Kappa Bisa Menular

- 28 Juli 2021, 20:46 WIB
Dicky Budiman, Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia.
Dicky Budiman, Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia. /

 

GALAMEDIA – Pemerintah resmi memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Dalam perpanjangan ini, pemerintah melonggarkan beberapa aturan. Salah satu aturan yang menjadi sorotan adalah mengenai diperbolehkannya makan di tempat selama 20 menit.

Aturan terbaru tersebut lantas menuai pro dan kontra bahkan menjadi bahan lelucon di media sosial.

Salah satu yang menyoroti aturan ini adalah Ahli Epidemiologi dari Grifith University, Dicky Budiman.

Baca Juga: Sama Seperti Jaksa Pinangki, Djoko Tjandra Dapat Diskon Hukuman 1 Tahun serta Denda Rp100 Juta

Dia menjelaskan bahwa aturan tersebut harus dilihat dengan konstektual. Maksudnya, jika tempat makan itu megah, punya ruangan terbuka, sirkulasi udara baik, maka aturan tersebut bisa saja efektif karena masyarakat bisa menerapkan peraturan jaga jarak.

Namun jikalau tempat makan yang didatangi kecil, kata dia, jangankan 20 menit, lima menit saja sudah berisiko tertular varian Delta Covid-19.

“Tapi kalau indoor, dan tempatnya kecil ya itu mau jangankan 20 menit, 10 menit atau 5 menit juga berisiko banget dengan varian delta atau varian delta plus atau kappa ini,” jelasnya.

Budi juga mengatakan, penting bagi pemerintah untuk bisa memastikan pembawa virus bisa ditemukan lebih cepat sehingga bisa dikarantina lebih cepat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x