Ungkap Alasannya Jadi Tokoh di BMKG, Megawati Sempat Mengancam Mundur kepada Presiden

- 29 Juli 2021, 19:16 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. /Foto: Dok. PDIP/
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. /Foto: Dok. PDIP/ /

  

GALAMEDIA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba-tiba muncul dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) 2021, Kamis, 29 Juli 2021.

Ternyata kehadirannya tanpa sebab, Megawati menjelaskan terkait hal itu.

"Mungkin saya harus menyampaikan mengapa saya muncul di BMKG ini supaya ya dapat dimengerti mengapa disebut tokoh. Jadi sedikit saja, ketika saya menjadi wakil presiden, saya ditugasi oleh Presiden Abdurrahman Wahid untuk menangani pada waktu itu adalah bencana konflik dan bencana alam. Jadi ini tentunya karena penugasan dari Presiden, saya menyatakan siap," kata Megawati dalam sambutannya yang disiarkan YouTube infoBMKG.

Saat itu pun, Megawati langsung mencari lembaga yang menangani masalah kebencanaan. Namun, dia terkejut saat mengetahui kantor yang menangani bencana alam berada di bawah direktorat jenderal kementerian.

Baca Juga: Jonatan Christie Tumbang di Babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020

"Lalu saya ya, melalui kantor wakil presiden, saya minta untuk segera tunjukkan yang namanya yang menangani masalah bencana alam dan saya benar-benar terkejut karena waktu itu tempat yang sekarang disebut BMKG itu berada di subdirektorat jenderal," ujarnya.

Sehubungan hal itu, Megawati mengaku langsung meminta Presiden Gus Dur untuk melakukan perubahan.

"Jadi singkat, saya melaporkan hal ini kepada Presiden Abdurrahman Wahid dan saya mengatakan, 'Kalau ini tidak diubah, Pak, maka saya ingin mengundurkan diri dari tugas menjadi ketua penanggulangan bencana'. Saya yang saya ingat Presiden Gus Dur bertanya 'kenapa demikian, Bu?' Ya, artinya saya yang harus saya hadapi adalah akan menjadi sebuah proses yang lambat," ujarnya.

Baca Juga: Jangan Rebahan di Lantai! Berikut Bahaya yang Mengintai Jika Sering Lakukan Cara Itu

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x