Tak Berniat Sombong, Megawati: Saya yang Membuat BMKG, BNPB, BNN, KPK dan Masih Banyak Lagi

- 30 Juli 2021, 16:09 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. //Foto: Dok. PDIP//

GALAMEDIA - Belum lama ini Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri membeberkan cerita terkait dirinya sebagai sosok dibalik terbentuknya BMKG, BNPB, BNN, dan KPK.

Hal itu diungkapkannya saat mengadiri Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) BMKG 202 yang digelar secara virtual pada Kamis 29 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu, Megawati bercerita saat dirinya bisa menjadi tokoh pendiri BMKG.

Megawati mengatakan saat menjadi wakil presiden, ia ditugaskan oleh Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau yang dikenal Gus Dur untuk menangani bencana alam.

"Mungkin saya harus menyampaikan mengapa saya muncul di BMKG ini supaya ya dapat dimengerti mengapa disebut tokoh. Jadi sedikit saja, ketika saya menjadi wakil presiden, saya ditugasi oleh Presiden Abdurrahman Wahid untuk menangani pada waktu itu adalah bencana konflik dan bencana alam. Jadi ini tentunya karena penugasan dari Presiden, saya menyatakan siap," kata Megawati dilansir Galamedia dari saluran YouTube infoBMKG.

Baca Juga: Said Didu Minta Pemerintah Buat Surat Wasiat, Rizal Ramli: Isinya Apa? Wong Cuma Ninggalin Masalah

Namun, saat hendak bertugas, Megawati mengaku kaget saat mengetahui kantor yang menangani bencana alam berada di bawah direktorat jenderal kementerian.

Ia pun mendorong Presiden Abdurrahman Wahid untuk segera mengubahnya.

"Lalu saya ya, melalui kantor wakil presiden, saya minta untuk segera tunjukkan yang namanya yang menangani masalah bencana alam dan saya benar-benar terkejut karena waktu itu tempat yang sekarang disebut BMKG itu berada di subdirektorat jenderal," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x