Tim Satgas Covid-19 Kelurahan Cibereum Kota Cimahi Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

- 31 Juli 2021, 16:09 WIB
Pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 di Aula Kelurahan Cibeureum Jalan Amir Mahmud, Sabtu 31 Juli 2021.
Pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 di Aula Kelurahan Cibeureum Jalan Amir Mahmud, Sabtu 31 Juli 2021. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi menggelar pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 di Aula Kelurahan Cibeureum Jalan Amir Mahmud, Sabtu 31 Juli 2021.

Pelatihan ini digelar agar warga bisa melakukan pemulasaraan jenazah, seiring meningkatnya angka kematian akibat Covid-19. Peserta pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 merupakan perwakilan RW yang ada di Kelurahan Cibeureum, sebanyak 58 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Pemulasaran jenazah Covid-19, memiliki perbedaan dari panangananan terhadap jenazah pada umumnya. Ketika menangani jenazah Covid-19, harus sesuai aturan dan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Petugas pemulasaraan harus memakai alat pelindung diri (APD) lengkap.

Baca Juga: Dana Bansos Jadi Lumbung Bancakan, Wakil Menteri Keuangan: Sebel Banget, Nyarinya Susah!

Para peserta selain diberi pembekalan materi, juga praktek cara mengurus jenazah dari mulai memadingan, mengkafani, hingga memasukannya kedalam peti mati. Dalam prakek tersebut menggunakan maneken atau boneka manusia, disiapkan pula kain kafan, kantong jenazah, dan peti mati.

Lurah Cibeureum, Ahmad Suparlan mengatakan, pelatihan mengenai tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19 sangat penting pada kondisi saat ini. Selain karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir, banyak warga yang meninggal dunia akibat wabah ini.

"Banyak permintaan dari warga agar ada pelatihan tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19. Hari ini, bekerja sama dengan MUI, DMI, Baznas, dan UPZ, rencana ini berhasil terealisasi," ucapnya di sela kegiatan.

Ahmad menjelaskan, permintaan pelatihan ini sudah diajukan sejak Juni lalu atau pada saat angka kasus kematian Covid-19 sedang tinggi-tingginya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X