Mahfud MD Curhat ke Tokoh Agama Jawa Tengah: Selalu Saja Ada Anggapan Negatif Dana Bansos Dikorupsi

- 31 Juli 2021, 16:31 WIB
Menkopolhukam, Mahfud MD
Menkopolhukam, Mahfud MD /tangkapan layar instagram@mohmahfudmd/


GALAMEDIA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan selalu saja ada anggapan negatif yang muncul dari masyarakat terkait penyaluran bantuan sosial (Bansos) yang digulirkan pemerintah.

Salah satunya, terkait anggaran bansos yang dikorupsi.

"Memang, ada problem yang sering saya ceritakan, problemnya itu tidak mudah misalnya selalu ada kritik bantuan sosial dikorupsi, iyalah itu musibah. Itu musibah dan itu sudah diselesaikan secara hukum," katanya Dalam acara silaturahmi virtual dengan alim ulama, pengasuh pondok pesantren, pimpinan ormas lintas agama dan Forkopimda se-Jawa Tengah, Sabtu, 31 Juli 2021.

Ia mengatakan, sulitnya bansos untuk sampai kepada penerima karena adanya masalah administrasi. Namun, ia mengeklaim masalah itu sudah mulai dibenahi.

"Masalah administrasinya apa? di berbagai daerah itu terkadang orang takut mengeluarkan dana, karena apa? nanti dikorupsikan kalau prosesnya tidak memenuhi standar formal yang ditentukan oleh BPK oleh BPKP oleh Menkeu itu kan ada aturan-aturan nya mengeluarkan uang itu," katanya.

Baca Juga: Dana Bansos Jadi Lumbung Bancakan, Wakil Menteri Keuangan: Sebel Banget, Nyarinya Susah!

"Banyak yang takut juga nanti saya keluarkan saya kasihkan orang nanti dianggap prosedurnya salah dianggap ini korupsi. Ada yang begitu memang," jelasnya.

Kemudian juga, lanjut dia, persoalan mengenai jarak yang juga menghambat penyaluran bansos.

Presiden Jokowi, kata Mahfud, sudah membuat kebijakan bahwa uang itu dikirimkan lewat rekening. Tetapi ini juga dinilai tidak mengatasi seluruh masalah.

"Oke diputuskan dulu semua rekening agar enggak dikorupsi dan agar cepat sampai. Tapi enggak bisa juga ternyata orang-orang desa itu enggak tahu rekening itu apa. Banyak yang enggak punya rekening," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x