Covid-19 Meroket di Luar Jawa-Bali, Puan: Jangan Tunggu Korban Berjatuhan, Belajar dari Pengalaman

- 31 Juli 2021, 17:46 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Dok. DPR RI.
Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Dok. DPR RI. /

GALAMEDIA - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani minta pemerintah untuk antisipasi dampak lonjakan kasus Covid-19 di luar Jawa dan Bali.

Puan Maharani meminta pemerintah untuk belajar dari pengalaman agar situasi seperti yang terjadi di Jawa dan Bali tak terulang lagi di pulau lain.

Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sudah mengakui adanya lonjakan kasus Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali.

“Belajar dari pengalaman,  jangan sampai terjadi lagi situasi  seperti yang terjadi di Pulau Jawa dan Bali, kemarin.” tegas Puan

Menurut Puan, kondisi fasilitas dan tenaga kesehatan (nakes) luar Jawa yang tidak sebaik di Jawa, maka harus benar-benar menjadi kesadaran para pengambil kebijakan dan pelaksana di lapangan untuk mitigasi lonjakan kasus.

 
Baca Juga: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, BB 1% MC Bareng JQR Gelar Swab Test Gratis

Puan pun mengingatkan pemerintah untuk segera sosialisasikan terkait vaksinasi agar pencegahan semakin optimal.

“Pencegahan harus makin dioptimalkan. Sosialisasi dan vaksinasi. Jangan tunggu jatuh korban dan layanan kesehatan pontang-panting lagi karena Covid-19,” kata mantan Menko PMK ini.

Oleh karena itu, Puan pun meminta pemerintah berupaya makin mempercepat vaksinasi.

Namun demikian, fokus untuk vaksinasi pun harus merata di seluruh wilayah Indonesia, tidak lagi hanya di Pulau Jawa dan Bali.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X