Covid-19 Meroket di Luar Jawa-Bali, Puan: Jangan Tunggu Korban Berjatuhan, Belajar dari Pengalaman

- 31 Juli 2021, 17:46 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Dok. DPR RI.
Ketua DPR RI Puan Maharani./Foto: Dok. DPR RI. /


GALAMEDIA - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani minta pemerintah untuk antisipasi dampak lonjakan kasus Covid-19 di luar Jawa dan Bali.

Puan Maharani meminta pemerintah untuk belajar dari pengalaman agar situasi seperti yang terjadi di Jawa dan Bali tak terulang lagi di pulau lain.

Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sudah mengakui adanya lonjakan kasus Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali.

“Belajar dari pengalaman,  jangan sampai terjadi lagi situasi  seperti yang terjadi di Pulau Jawa dan Bali, kemarin.” tegas Puan

Menurut Puan, kondisi fasilitas dan tenaga kesehatan (nakes) luar Jawa yang tidak sebaik di Jawa, maka harus benar-benar menjadi kesadaran para pengambil kebijakan dan pelaksana di lapangan untuk mitigasi lonjakan kasus.
 
Baca Juga: Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, BB 1% MC Bareng JQR Gelar Swab Test Gratis

Puan pun mengingatkan pemerintah untuk segera sosialisasikan terkait vaksinasi agar pencegahan semakin optimal.

“Pencegahan harus makin dioptimalkan. Sosialisasi dan vaksinasi. Jangan tunggu jatuh korban dan layanan kesehatan pontang-panting lagi karena Covid-19,” kata mantan Menko PMK ini.

Oleh karena itu, Puan pun meminta pemerintah berupaya makin mempercepat vaksinasi.

Namun demikian, fokus untuk vaksinasi pun harus merata di seluruh wilayah Indonesia, tidak lagi hanya di Pulau Jawa dan Bali.

“Kemarin fokus di Jawa dan Bali karena kasus memang sedang tinggi. Sekarang, Presiden menyampaikan bahwa data kasus di Jawa dan Bali melandai. Fokus harus diperluas sampai ke luar dua pulau tersebut,” ujar Puan.

Politikus PDIP ini pun mengatakan bahwa semakin cepat target vaksinasi nasional terwujud, maka risiko terpapar dan kematian karena Covid-19 akan semakin kecil.
 
Baca Juga: Anthony Ginting Lebih Unggul dari Lawannya di Semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Begini Kata Sang Pelatih

Kemudian, di saat itulah pemulihan ekonomi bisa dilakukan. Pendataan kesiapan dan kapasitas layanan kesehatan, mulai dari fasilitas hingga nakes, mendesak pula diperbarui saat ini untuk luar Pulau Jawa dan Bali.

“Jangan tunggu kasus makin melonjak dulu. Jangan tunggu kekurangan fasilitas dan nakes dulu,” tegas Puan.

Hal serupa harus dilakukan pula untuk pasokan obat-obatan yang diperlukan untuk penanganan Covid-19.

Ia pun mengatakan jangan karena kasus yang terpantau di Jawa dan Bali melandai namun malah menjadi tanda perpindahan lokasi kasus ke wilayah luar Jawa dan Bali.
 
Baca Juga: Sudah Dapat Diskon Masa Tahanan Pinangki Belum Juga Dieksekusi, MAKI: Ini Jelas Tak Adil dan Diskriminasi!

“Rakyat sudah bersabar dan berjuang selama berlaku aneka pembatasan. Jangan sampai momentum kasus yang terpantau melandai di Pulau Jawa dan Bali hanya menandakan perpindahan lokasi kasus ke wilayah yang kondisi layanan kesehatan dan nakes-nya lebih banyak tantangan,” imbuhnya.***
 
 
 

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x