PPKM Level 4 Berlanjut, Terungkap Kasus Covid-19 Melonjak di 20 Provinsi Ini

- 2 Agustus 2021, 20:57 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pexels/Edward Jenner

GALAMEDIA - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Airlangga Hartarto menyebutkan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di luar Jawa dan Bali.

Peningkatan tersebut terjadi di 20 provinsi.

"Di mana yang tertinggi adalah Sulawesi Tengah, Riau, Sumatra Utara, Gorontalo, Kalimantan Barat," ujar Airlangga dalam keterangan pers virtual pada, Senin, 2 Agustus 2021.

Ia pun mengungkapkan, ada juga penurunan kasus Covid-19 di beberapa provinsi antara lain Nusa Tenggara Timur (kecuali Kabupaten Sikka), Lampung, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Tengah.

"Kalau kita lihat kota dan kabupaten yang naik karena kami mengkonsentrasikan pada kota dan kabupaten di luar Jawa Bali ini adalah 21 provinsi dan 45 kabupaten/kota dan ini level 4 dan ini dilanjutkan," kata Airlangga.

Baca Juga: Prank Bantuan Rp 2 Triliun Heriyanti, MUI Mengaku Sakit Hati dan Kecewa: Motivasinya Apa?

Kota-kota yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 adalah Kota Medan (Sumatra Utara), Kota Makassar (Sulawesi Selatan), Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Kota Pekanbaru (Riau), Kota Banjar Baru (Kalimantan Selatan), Kota Tarakan (Kalimantan Utara), dan Kota Jayapura (Papua). Sedangkan kabupaten-kabupaten yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 adalah Kabupaten Sikka (NTT), Kabupaten Berau (Kalimantan Timur), dan Belitung (Bangka Belitung).

Baca Juga: DKI Jakarta dan Jawa Barat Membaik, Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Banyak Daerah Masuk PPKM Level 2

"Ini adalah daerah-daerah yang kenaikannya tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah-daerah tersebut," ujar Airlangga.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X