Pesawat Tempur Israel Serang Hamas di Gaza, Beralasan Sebagai Balasan Atas Serangan Balon Api

- 7 Agustus 2021, 10:56 WIB
Ilustrasi pesawat tempur Israel yang melakukan serangan di jalur Gaza pada Rabu, 16 Juni 2021 dini hari. IDF pun membeberkan alasan mengapa Israel kembali melakukan serangan itu.
Ilustrasi pesawat tempur Israel yang melakukan serangan di jalur Gaza pada Rabu, 16 Juni 2021 dini hari. IDF pun membeberkan alasan mengapa Israel kembali melakukan serangan itu. /Israel Air Force

GALAMEDIA -Pesawat Israel mengebom situs-situs Hamas di Jalur Gaza, Sabtu 7 Agustus 2021.

Serangan itu sebagai tanggapan atas serangan balon-balon pembakar yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina, kata militer Israel.

Tidak ada laporan segera mengenai korban atau kerusakan dari serangan tersebut.

Israel menglaim, target serangan yaitu situs peluncuran roket dan kompleks milik Hamas, kelompok Islam yang menguasai Gaza. Hamas tidak segera berkomentar.

Sejak gencatan senjata 21 Mei yang mengakhiri 11 hari pertempuran Israel-Hamas, warga Palestina di Gaza secara sporadis meluncurkan balon berisi bahan pembakar melintasi perbatasan.

Baca Juga: Bantu Pemerintah Capai Herd Immunity, Unpas Gelar Pekan Vaksinasi Covid-19, Peserta Capai 3.520 Orang

Itu menyebabkan kebakaran yang telah membakar ladang di Israel.

Palestina mengatakan balon-balon itu bertujuan untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan di daerah kantong pantai yang diperketat selama pertempuran Mei.

Peluncuran balon sebagian besar surut setelah Israel melonggarkan beberapa pembatasan di Gaza.

Tetapi pada Jumat, balon kembali diluncurkan dari Gaza, menyebabkan setidaknya empat kebakaran di daerah dekat perbatasan Israel-Gaza.

Baca Juga: China Temukan Antibodi 'Mujarab' Tangkal Varian Delta, Diklam Efektif untuk Pengobatan Dini Covid-19

Militer Israel mengatakan serangan udaranya sebagai "tanggapan terhadap peluncuran balon pembakar terus-menerus dari Gaza ke Israel sepanjang hari."***

Editor: Brilliant Awal

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x