Survei Elektabilitas Capres 2024: Ganjar Tempati Posisi Puncak, AHY Naik Jauh, Puan Tertinggal

- 8 Agustus 2021, 17:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. /Dok.Humas Pemprov Jateng/

GALAMEDIA – Lembaga survei New Indonesia Research & Consulting baru saja merilis hasil survei terkait elektabilitas Calon Presiden (Capres) 2024.

Survei ini dilakukan pada 21 hingga 30 Juli 2021 melalui sambungan telepon kapada 1.200 orang responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error dalam survei ini sekitar 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Bedasarkan survei tersebut yang menarik adalah Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mengungguli Ketum PDIP, Puan Maharani dan Ketum Golkar, Airlangga Hartanto.

“Di tengah perang baliho politisi, elektabilitas Puan Maharani dan Airlangga masih jauh tertinggal, justru AHY yang paling berkibar,” ujar Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting, Andreas Nuryono di Jakarta, Minggu, 8 Agustus 2021.

Baca Juga: PPKM Level 4 Berakhir Besok, Begini Bocorannya di DKI Jakarta

Hasil survei lembaga tersebut memang menunjukkan ada peningkatan elekatabilitas tiga politisi tersebut, namun kenaikan signifikan paling banyak dialami oleh AHY.

Kenaikan elektabilitas anak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diketahui sejak survei dilakukan pada Mei 2021 lalu. Awalnya elektabilitas AHY hanya sekitar 2 persen. Kemudian naik menjadi 5,8 persen.

Sementara Puan Maharani serta Airlangga hanya naik 1,1 persen, di mana Puan mendapatkan elektabilitas sebesar 1,4 persen dan Airlangga mendapatkan elektibilitas sebesar 1,3 persen.

Masih dengan survei yang sama, posisi puncak ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan elektabilitas mencapai 20,5 persen. Diikuti oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dengan elektabilitas 16,7 persen.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x