Puluhan TKA China Datang Lagi ke Indonesia, Adhie Massardi: Sudah Tidak Masuk dalam Kategori Asing Lagi

- 9 Agustus 2021, 17:04 WIB
Adhie Massardi (kiri) anggap rezim Jokowi jadikan Covid-19 lelucon karena TKA China terus didatangkan.
Adhie Massardi (kiri) anggap rezim Jokowi jadikan Covid-19 lelucon karena TKA China terus didatangkan. /Twitter/@AdhieMassardi

GALAMEDIA - Publik kembali dibuat geger dengan kabar masuknya puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) China ke Indonesia.

Bukan hanya kali ini saja TKA China melenggang bebas masuk ke Indonesia selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Beberapa waktu lalu, tepat hari pertama PPKM darurat, sebanyak 20 TKA China dikabarkan masuk ke Indonesia.

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan publik tentang konsistensi kebijakan pemerintah soal kedatangan TKA atau WNA dari luar negeri ke Indonesia saat PPKM.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membuat peraturan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tentang penutupan pintu bagi TKA masuk wilayah Indonesia selama PPKM.

Baca Juga: Ketahuan Lakukan Pelecehan Seksual ke Karyawan, Manajer Perusahaan E-Commerce Terbesar China Dipecat

Namun, aturan tersebut terdapat pengecualian untuk lima kelompok warga asing yang memiliki visa dinas dan diplomatik, pemegang izin tinggal dinas dan izin tinggal diplomatik.

Mempunyai tujuan kesehatan dan kemanusiaan dengan melampirkan rekomendasi kementerian atau lembaga terkait dan terakhir yaitu awak alat angkut.

Aturan tersebut baru saja disahkan Yasonna pada 21 Juli 2021 namun pada Sabtu, 7 Agustus 2021 dikabarkan 34 TKA asal China kembali masuk ke Indonesia.

Kedatangan 34 TKA China ini telah dikonfirmasi oleh Dirjen Imigrasi Kemenhumham. Disebutkan puluhan TKA asal China mempunyai ITAS dan lolos pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Menyoroti kedatangan 34 TKA China, eks juru bicara Gus Dur, Adhie Massardi ikut angkat suara.

Baca Juga: Luhut Dapat Tugas Baru dari Presiden, Netizen: Jokowi Tukang Stempel Doang!

Menurutnya, TKA China saat ini sudah bukan tenaga asing karena sering melenggang bebas di Indonesia terutama saat masa PPKM.

"TKA CHINA tidak masuk kategori asing karena memang sudah tidak asing maka tetap bisa masuk kapan saja ke NKRI," cuit Adhie dikutip Galamedia dari Twitter @AdhieMassardi, Senin, 9 Agustus 2021.

Dalam cuitannya itu juga Adhie menyinggung Yasona. Dia beranggapan ada kekuatan lain di balik masuknya puluhan TKA asal China ke Indonesia.

"Namanya jg TKA (Tenaga Kerja Asal) China. Ada kekuatan yg perintahkan Menkumham Yasona utk jilat ludahnya sendiri," tandasnya.***

 
 

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x