Nasib Esemka Tak Jelas, Mimpi Jokowi Agar RI Jadi Raja Baterai dan Mobil Listrik Dinilai Asal Ngomong

- 10 Agustus 2021, 20:28 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019. /

GALAMEDIA - Presiden Jokowi menginginkan agar Indonesia menjadi produsen baterai bahkan mobil listrik di dunia.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat acara Peringatan Teknologi Nasional ke-26 yang digelar secara virtual Selasa, 10 Agustus 2021 hari ini.

Semula Jokowi mengatakan bahwa Indonesia jangan sampai berhenti dengan hanya memiliki tambang nikel saja yang memang melimpah di Tanah Air.

Lebih dari itu, kata dia, Indonesia harus menjadi produsen seperti baterai lithium sampai mobil listrik yang pada dasarnya berbahan baku utama nikel.

Baca Juga: Ganjil-Genap di DKI Jakarta Diberlakukan Kembali, Kombes Sambodo: Demi Menekan Kasus Covid-19

"Sebagai contoh, pertambangan nikel, kita punya tambang nikel, tapi tidak boleh berhenti di situ saja. Kita harus mengembangkan industri hilir seperti industri litium baterai sampai produksi mobil listrik," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa saat ini pemerintah memang sedang fokus dengan penanganan pandemi Covid-19 namun Indonesia perlu melakukan reformasi struktural untuk masa depan.

"Semakin banyak rantai pasok yang diproduksi di dalam negeri, semakin besar pula nilai tambahnya untuk masyarakat bangsa dan negara, tetapi semua itu kuncinya adalah teknologi," katanya lagi.

Menanggapi pernyataan orang nomor satu di Indonesia ini, politisi Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana justru mengungkit soal nasib mobil Esemka yang tidak jelas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x