Sebut Israel dan Arab Saudi Bekerja Sama Hadapi Ancaman Iran, Menteri Israel Ini Ingin Berziarah ke Mekah

- 11 Agustus 2021, 11:05 WIB
Menteri Kesehatan Israel Nitzan Horowitz (kiri) dan Menteri Kerjasama Regional Issawi Freij (kanan).
Menteri Kesehatan Israel Nitzan Horowitz (kiri) dan Menteri Kerjasama Regional Issawi Freij (kanan). /Emmanuel Dunand/Pool via REUTERS/

 

GALAMEDIA - Menteri Kerja Sama Kawasan Israel, Issawi Freij (Meretz) mengungkapkan pihaknya telah melakukan kontak dengan sejumlah negara teluk, termasuk Kerajaan Arab Saudi, terkait permasalahannya dengan Iran.

Dalam sebuah wawancara di saluran Alhurra, Senin, 9 Agustus 2021, Friej mengatakan ancaman Iran tidak hanya menjadi masalah bagi Israel atau Saudi. Hal ini pun membutuhkan respons global.

Dilaporkan ynetnews, Rabu, 11 Agustus 2021, Israel dan Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik tetapi ada tanda-tanda hubungan yang menghangat dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, pesawat Israel diberi izin untuk menggunakan wilayah udara Saudi dalam perjalanan ke UEA setelah Israel dan beberapa negara Teluk menandatangani perjanjian normalisasi.

Freij mengatakan bahwa mimpi pribadinya sebagai seorang Muslim adalah untuk pergi berziarah ke Mekah di Arab Saudi tanpa harus melakukan perjalanan melalui negara ketiga untuk melakukannya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 11 Agustus 2021: Polisi Lakukan Olah TKP, Nino Tetap Tak Melirik Elsa

Muslim Israel sering melakukan perjalanan melalui Yordania dalam perjalanan mereka ke Mekah.

"Saya yakin kita akan melihat peluang seperti itu segera," katanya.

Freij mengatakan bahwa ada diskusi serius di semua tingkat pemerintahan dengan UEA setelah perjanjian diplomatik tahun lalu dengan negara Teluk, termasuk kunjungan timbal balik dan langkah-langkah untuk memajukan proyek-proyek bilateral.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x