Sertifikat Vaksin Wajib untuk Beraktivitas, Usaha Jasa Cetak Raup Omzet Jutaan Rupiah

- 12 Agustus 2021, 20:48 WIB
Warga mendatangi jasa pembuatan kartu vaksin di kawasan Alun-alun Cimahi, Kamis (12/8).
Warga mendatangi jasa pembuatan kartu vaksin di kawasan Alun-alun Cimahi, Kamis (12/8). /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Adanya aturan untuk memperlihatkan sertifikat vaksin dalam menjalankan sejumlah aktivitas, mendorong orang membuka usaha jasa cetak sertifikat vaksin berupa kartu seukuran KTP. Bahkan mereka bisa meraup omzet jutaan rupiah per hari dari hasil cetak kartu vaksin.

Peluang bisnis itupun coba dimanfaatkan Dadan Hermawan (32), seorang warga Kota Cimahi. Dengan kendaraan roda tiganya, ia menerima pencetakan kartu vaksin Covid-19 seukuran dengan KTP di kawasan alun-alun Kota Cimahi.

Dadan mengaku sebetulnya sudah sekitar empat bulan lalu ia bersama rekannya berinisiatif untuk menerima pencetakan kartu vaksin. Namun ketika itu belum ramai, sebab vaksinasinya belum masif seperti sekarang.

"Kalau dulu paling hanya 1 atau 2 seharinya," ujar Dadan saat ditemui, Kamis, 12 Agustus 2021.

Baca Juga: Di Masa Pandemi Covid-19, Tokoh Masyarakat Ini Ajak Warga Belanja ke Warung Tetangga

Situasi berubah sejak sebulan lalu ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat-Level 4 diterapkan. Terlebih ketika pemerintah mensyaratkan sertifikat vaksin dalam perjalanan.

Peningkatan pemesan pencetakan kartu vaksin Covid-19 pun meningkat. Dalam sehari, Dadan menerima sekitar 50 orang yang ingin di cetakan sertifikat vaksinnya seukuran KTP.

"Iya sekarang ramai. Bahkan misalnya yang mesen hari ini itu, nggak bisa langsung dicetak harus nunggu besok. Soalnya kita harus beresin yang pesanan sebelumnya," ungkap Dadan.

Selain dikarenakan jadi syarat untuk melakukam sejumlah aktivitas, kebanyakan pemesan pembuatan kartu vaksin juga berasalan lebih simpel. "Kan kalau pakai kertas ukuran HVS lebih ribet, kalau pakai kartu lebih simpel," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x