Curhat Bersama Puan Maharani Jadi Korban Perundungan di Sumbar, Megawati Malah Kena Sentil Fadli Zon

- 13 Agustus 2021, 10:05 WIB
Anggota DPR RI Fadli Zon.
Anggota DPR RI Fadli Zon. //dpr.go.id/DPR /

GALAMEDIA - Anggota DPR RI Fadli Zon geram mendengar pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyebutkan bahwa Sumatera Barat sudah berbeda dengan yang dikenalnya dulu.

Mantan Ketua Umum Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) ini menyatakan, Urang Minang (Sumatera Barat) dengan adat istiadatnya 'adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah' tak pernah berubah.

"Yang sudah beda justru sikap beberapa tokoh pemerintah pusat terhadap Sumbar karena kurang paham sejarah dan budaya Minang yang demokratis dan antifeodalisme," ujarnya melalui akun Twitter @fadlizon, Jumat, 13 Agustus 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 13 Agustus 2021: Demi Elsa, Mama Sarah Sujud dan Memohon-mohon ke Nino

Sebelumnya Megawati menyebut Sumatera Barat telah berbeda dari yang ia kenal. Terkait itu, ia mengaku pernah mempertanyakan kegelisahannya ini kepada Ahmad Syafii Maarif, tokoh Muhammadiyah sekaligus anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kelahiran Sumatera Barat.

"Di BPIP saya sebagai Ketua Dewan Pengarah, itu ada Buya Syafii, saya suka bertanya sama beliau, mengapa Sumatera Barat yang dulu pernah saya kenal sepertinya sekarang sudah mulai berbeda?" kata Mega dalam Webinar Bung Hatta Inspirasi Kemandirian Bangsa di kanal Youtube Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDIP, Kamis, 12 Agustus 2021.

Mega mengatakan pada masa sebelum dan sesudah kemerdekaan, Sumbar melahirkan banyak tokoh nasional. Namun kini, menurutnya, tokoh-tokoh Sumatera Barat tidak sepopuler dulu.

"Dulu saya tahunya tokoh dari Sumatera Barat, kenapa menurut saya (sekarang) tidak sepopuler dulu atau memang tidak ada produknya?" katanya.

"Padahal Sumatera Barat ketika sebelum kemerdekaan sampai setelah merdeka sampai selesai juga Bung Karno itu kan tokoh-tokohnya luar biasa, ya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x