Survei Pilpres 2024 IPO: Anies Tempati Posisi Puncak Berhasil Ungguli Ganjar dan Prabowo, Puan Terhempas

- 14 Agustus 2021, 16:44 WIB
Anies Baswedan bersama anaknya
Anies Baswedan bersama anaknya /Instagram/@aniesbaswedan



GALAMEDIA – Meski Pemilihan Presiden (Pilpres) masih tiga tahun lagi, ada banyak lembaga yang melakukan survei terkait Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres/Cawapres).

Salah satunya adalah Indonesia Political Opinion (IPO) yang baru saja merilis hasil survei bertajuk ‘Refleksi Penanganan Pandemi dan Dampak Konstelasi Politik 2024’.

Survei IPO ini digelar sejak 2 - 10 Agustus 2021 serta menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden yang tersebar proporsional secara nasional.

Survei ini memiliki pengukuran kesalahan (sampling error) 2,50 persen, dengan tingkat akurasi data 97 persen.

Baca Juga: Masih Ingat Yohanes Gama Marchal Lau Bocah Pemanjat Tiang Bendera yang Viral? Begini Keadaannya Sekarang

Melalui survei tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berhasil menempati urutan teratas.

Anies berhasil mengalahkan kandidat lain seperti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Anies unggul dengan persentase elektoral mencapai 18,7 persen. Diikuti Ganjar di urutan ke dua dengan 16,5 persen, dan urutan selanjutnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan 13,5 persen.

“Tingkat keterpilihan 20 tokoh potensial pada simulasi Pilpres (2024), urutan teratas Anies Baswedan 18,7 persen, kedua Ganjar Pranowo 16,5 persen, lalu Sandiaga Uno 13,5 persen,” kata Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Ajak Warganya Hijrah Menuju Merdeka dari Pandemi Covid-19

Bedasarkan survei tersebut yang cukup menarik adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono (AHY) berhasil menempati urutan ke empat dengan 9,9 persen.

Selanjutnya ada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (7,8 persen), Gubenur Jawa Barat, Ridwal Kamil (6,2 persen), dan Menteri BUMN, Erick Thohir (4,7 persen).

Posisi ke delapan ditempati oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (3,6 persen), Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartanto (2,5 persen), dan urutan ke 10 ada eks Ketua MPR, Zulkifli Hasan (1,9 persen).

Baca Juga: Romelu Lukaku Dipastikan Absen Saat Chelsea vs Crystal Palace Malam Nanti, Ini Dia Penyebabnya

Berikutnya ada Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir (1,7 persen), Ketua DPR, Puan Maharani (0,9 persen), Ketua NU, Said Aqil Siroj (0,8 persen).***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x