5 Kota Paling Direkomendasikan Untuk Ditinggali di Indonesia, Nomor 4 Dicap Kota Mahal!

- 17 Agustus 2021, 20:22 WIB
 Pulau Kemaro yang terletak di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan,
Pulau Kemaro yang terletak di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, /Instagram Pulau Kemaro/


GALAMEDIA – Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia merupakan organisasi para perencana wilayah dan kota alias urban planner.


Sebagai ahli perencana pembangunan serta perkotaan, tentu penelitian tentang kota yang layak huni dari IAP bisa dijadikan rujukan.

Kali ini Galamedia akan membahas mengenai kota yang paling layak huni di Indonesia menurut penilaian IAP.

Ada beberapa indikator sebagai penentuan suatu kota dianggap nyaman atau tidak, mulai dari ketercukupan pangan, fasilitas peribadatan, pengelolaan air bersih, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, transportasi, keselamatan kota, dan pengelolaan air kotor serta drainase.

Baca Juga: Masa PPKM Diperpanjang Hingga 23 Agustus 2021, Kabupaten Garut Masih Tertahan di Level 3

Dilansir melalui kanal Youtube Woman Net, berikut adalah lima kota ternyaman dan paling layak huni di Indonesia.


1. Solo

Warga kota yang berada di Jawa Tengah bagian Timur ini patut berbangga hati, karena Solo mendapatkan peringkat pertama sebagai kota ternyaman dan paling layak huni di Indonesia. Kota yang satu ini mendapat indeks di atas rata-rata yakni, 66.9 persen. Meskipun tertinggi, namun sebenarnya terjadi penurunan dibanding periode sebelumnya (2019) yang mencapai 68.9 persen.

2. Palembang

Palembang berhasil menempati posisi ke dua dengan indeks 66.6 persen. Kota satu ini memang sering masuk ke dalam daftar istimewa ini. Mengingat selama ini Palembang sering menjadi tuan rumah gelaran olahraga akbar. Selain infrastruktur yang semakin baik, fasilitas publik di Palembang pun semakin maju lho.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x