Afghanistan Jadi Perhatian Dunia, Presiden AS Hubungi PM Inggris untuk Mengadakan Pertemuan Negara-negara G7

- 18 Agustus 2021, 11:33 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Presiden Amerika Serikat Joe Biden /Instagram/@joebiden

 

GALAMEDIA - Afghanistan kini menjadi sorotan dunia usai kelompok Taliban menguasai ibu kota Kabul. Melihat situasi tersebut, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menghubungi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Keduanya kemudian setuju untuk mengadakan pertemuan para pemimpin negara-negara G7 untuk membahas strategi dan pendekatan bersama.

Adapun negara-negara G7 (Group of Seven) ini terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Italia dan Jepang. Kedua pemimpin itu juga menegaskan akan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan untuk masa depan Afghanistan.

Baca Juga: Imbau Masyarakat Bersabar Hadapi Pandemi, Luhut: Saya Telah Menyusun Roadmap Pengendalian Covid-19

Hal itu termasuk cara-cara komunitas global dalam memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi dan warga Afghanistan.

"Baik dalam mengakui pemerintahan di masa depan, maupun dalam bekerja untuk mencegah krisis kemanusiaan dalam bekerja untuk mencegah krisis kemanusiaan dan pengungsi," kata PM Inggris, dilansir Anadolu Agency.

Seperti diketahui, kelompok Taliban berhasil menguasai ibu kota Afghanistan, Kabul pada Minggu, 15 Agustus 2021. Bersamaan dengan masuknya Taliban ke Kabul, presiden Afghanistan, Ashraf Ghani meninggalkan negara tersebut dengan membawa banyak uang tunai.

Baca Juga: Puji Sikap KPU yang Klarifikasi Jadwal Pemilu Presiden 2024, HNW: Nah Ini Benar!

“Mantan presiden Afghanistan meninggalkan Afghanistan, meninggalkan negara dalam situasi sulit ini,” kata Abdullah Abdullah, kepala Dewan Rekonsiliasi Nasional Afghanistan dan saingan lama Ghani.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x