Taliban Kuasai Afghanistan, KH Said Aqil Siradj: Ini Bisa Memotivasi Semangat Radikal Indonesia

- 20 Agustus 2021, 21:16 WIB
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj.
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj. /Dok. nu.or.id/

 

 

GALAMEDIA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj khawatir kemenangan Kelompok Taliban membuat kaum radikal di Indonesia menjadi termotivasi.

"Taliban menang ini akan pasti, akan dijadikan motivasi, membangkitkan semangat radikal Indonesia ini," ujarnya dalam webinar 'Langkah Nyata Merajut Kebinekaan NKRI' yang disiarkan di NU Channel, Jumat malam, 20 Agustus 2021.

Menurutnya, kelompok radikal di Indonesia pasti memiliki klaim bahwa Tuhan telah membantu Taliban menguasai kembali Afghanistan.

"Mereka pasti bilang 'tuh liat Tuhan telah membela Taliban, sekarang bisa menang, mari kita bangkit, Tuhan akan membela kita'. Pasti akan terjadi seperti itu," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Dalisah, Janda 2 Anak yang Banting Tulang Hidupi Keluarga dari Jualan Galon

Kiai Said menyatakan, Indonesia sangat berbeda jauh dengan kondisi Afghanistan hingga berbagai pihak luar negeri bahkan memuji kondisi masyarakat Indonesia.

Ia menyatakan, sejumlah negara memandang masyarakat Indonesia bisa hidup berdampingan satu sama lain meski berbeda suku, ras dan agama.

"Afghanistan itu hanya 7 suku, 100 persen muslim. Tapi 40 tahun kerap dilanda perang saudara. Tapi yang namanya hanya karena politik itu perang sampai 40 tahun," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x