Mural Kritik Pemerintah Kian Menjamur, Mabes Polri: Polisi Tidak Memproses Kok

- 20 Agustus 2021, 22:13 WIB
Mural 404 Not Found yang mirip wajah Presiden Jokowi berlokasi di daerah Batuceper, Tangerang
Mural 404 Not Found yang mirip wajah Presiden Jokowi berlokasi di daerah Batuceper, Tangerang /Twitter @milikandi/

 

GALAMEDiA - Mural bernada protes kepada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) kini kian menjamur di sejumlah daerah. Meski begitu, aparat kepolisian kini tidak bakal memproses hukum pembuatnya.

Termasuk mural mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mata ditulis ‘404: Not Found’ di Tangerang, Banten.

“Untuk sementara, polisi tidak memproses kok,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Gedung Bareskrim pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Disebutkan, Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto juga sudah menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Polri tidak boleh reaktif dan responsif terhadap hal-hal seperti itu. Sebab, mural yang beredar merupakan bentuk ekspresi seni.

“Banyak kejadian kemarin di Tangerang, tentunya dari pihak kepolisian sesuai apa yang disampaikan Bapak Kabareskrim bahwa kita tidak represif, kita hargai ekspresi masyarakat dalam memberikan jiwanya yang dituangkan dalam suatu bentuk gambar,” ujarnya.

Baca Juga: Pengacara Sang Jagal Jombang Ingin Proses Kasus Habib Bahar, Polri: Kalu Tak Ada Unsur Pidana, Tak Dilanjutkan

Argo pun mengatakan, marak mural di beberapa wilayah merupakan bentuk ekspresi dari orang yang memiliki jiwa seni sehingga dituangkan dalam bentuk berbagai macam gambar atau lukisan.

Namun, Argo menyarankan supaya ekspresi seninya itu dituangkan pada tempat yang sesuai.

“Kita apresiasi kepada anak-anak muda yang bisa memberikan inspirasinya yang dituangkan dalam bentuk lukisan, tapi itu juga harus di tempat yang semestinya,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network