Satgas Citarum Harum Kembali Pasang Jaring Besi Penghalang Sampah di Sungai Ciceleng Majalaya

- 25 Agustus 2021, 11:39 WIB
Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., bersama jajaran TNI lainnya saat memasang jaring besi penghalang sampah di Sungai Ciceleng Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu (24/8/2021).
Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., bersama jajaran TNI lainnya saat memasang jaring besi penghalang sampah di Sungai Ciceleng Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu (24/8/2021). /Engkos Kosasih

GALAMEDIA - Jajaran TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 4/Majalaya kembali memasang jaring besi penghalang sampah yang terbawa hanyut aliran Sungai Ciceleng, anak Sungai Citarum di Kampung Babakan Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Rab 25 Agustus 2021)

Pemasangan jaring besi itu sebagai tindaklanjut dari pemasangan jari besi penghalang sampah di aliran sungai lainnya, di antaranya Sungai Cicalengka, Sungai Cijalupang, Sungai Cisaraya, dan Sungai Cidawolong.

Baca Juga: Soal Kasus Muhammad Kece, Sekjen PBNU Ajak Masyarakat Hormati Perbedaan Jangan Ada Permusuhan dan Kebencian

Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., menyatakan pemasangan jaring besi penghalang sampah itu untuk meminimalisasi sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan oleh warga ke sungai dan terbawa hanyut aliran Sungai Ciceleng yang bermuara ke Sungai Citarum.

"Dengan adanya pemasangan jaring besi penghalang sampah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke Sungai Ciceleng," kata Mulyono.

Ia berharap pemasangan jaring besi penghalang sampah ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, di antaranya kebersihan aliran Sungai Ciceleng. "Kami berharap, warga tidak buang sampah sembarangan ke Sungai Ciceleng," harapnya.

Baca Juga: Aktris Nikita Willy Turut Berduka Cita, Penyanyi Legendaris Elly Kasim Tutup Usia

Ia menyebutkan, Satgas Citarum Harum sudah sering membersihkan dan mengangkat sampah rumah tangga yang mengendap di aliran Sungai Ciceleng karena masih banyak warga yang sembarangan membuang sampah ke sungai.

"Untuk diketahui bahwa sungai bukan tempat membuang sampah. Sungai merupakan aset negara yang memiliki nilai strategis yang harus dilestarikan karena sebagai sumber penghidupan manusia. Sebagai contoh bahwa air yang mengalir di sungai bisa menjadi bahan baku air minum, pembangkit energi listrik, pertanian, perkebunan dan kebutuhan lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Tidak Masuk Akal Hinaan Masyarakat Ringankan Vonis Koruptor Bansos Covid-19, Alissa Wahid: Aneh!

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x