Sentil Hakim yang Vonis Ringan Juliari Karena Hinaan Masyarakat, Rizal Ramli: Kok Simpati Sama Koruptor?

- 25 Agustus 2021, 13:06 WIB
Ekonom Senior, Rizal Ramli.
Ekonom Senior, Rizal Ramli. /Instagram/@rizalramli.official

GALAMEDIA - Ekonom Senior, Rizal Ramli belum lama ini turut menyoroti perihal alasan hakim meringankan vonis terhadap eks Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara terkait kasus korupsi bantuan sosial (bandos) covid-19.

Hinaan dan bullyan dari masyarakat menjadi alasan hakim meringankan vonis Juliari Batubara, alasan tersebut pulalah yang menjadikan Rizal Ramli heran dengan sikap hakim yang dinialinya malah bersimpati pada koruptor.

Hal tersbeut disampaikannya melalui akun Twitter pribadinya @RamliRizal pada Selasa, 24 Agustus 2021. “Itu hakim-hakim kok jadi psikolog simpatisan?” ucap Rizal Ramli dilansir Galamedi dari akun Twitter @RamliRizal pada Rabu, 25 Agustus 2021.

Baca Juga: Sebut Non Nakes Miliki Akses Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga, Prof. Zubairi: Jangan Perdalam Kesenjangan!

“Kok simpati sama koruptor yang nyolong hak orang miskin?” sambungnya. Lebih lanjut, Rizal Ramli menyarankan untuk dilakukan pengecekan kepada seluruh hakim yang menangani persidangan Juliari tersebut ke psikiater.

“Itu hakim-hakim mesti diperiksa psychiater ya nggak?” ujar Rizal Ramli. Seperti diketahui, tersangka kasus korupsi Bansos Covid-19 Juliari Batubara divonis oleh hakim 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Selain itu, Juliari juga diwajibkan membayar uang pengganti sejumlah Rp14.597.450.000 subsider 2 tahun penjara.

Baca Juga: Beyonce Pamer Kalung Rp 432 Miliar, Tiru Empat Bintang Ikonik Dunia

Terkait vonis tersebut, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengatakan bahwa di antara pertimbangan yang meringankan vonis itu karena Juliari Batubara dinilai sudah cukup menderita dicaci hingga dihina oleh masyarakat.

Padahal, saat itu status Juliari Batubara sendiri belum diputuskan bersalah oleh pengadilan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x