Afghanistan Memanas, ISIS-K Lakukan Serangan Bom Hingga Tewaskan Puluhan Warga, AS: Kami akan Memburumu!

- 27 Agustus 2021, 15:33 WIB
Gambaran situasi di bandara Kabul usai terjadi ledakan.
Gambaran situasi di bandara Kabul usai terjadi ledakan. /1TV/via Reuters/

GALAMEDIA - ISIS-K melakukan serangan bom bunuh diri di luar bandara Kabul sehingga menewaskan sedikitnya 85 orang warga Afghanistan.

Di antara 85 korban tersebut terdapat 13 tentara Amerika Serikat yang ikut menjadi korban bom bunuh diri ISIS-K

Hal itu mendapat perhatian AS yang kemudian membantu mengevakuasi warga Afghanistan yang putus asa dan melarikan diri dari pemerintahan Taliban.

Dua ledakan dan tembakan mengguncang daerah di luar bandara pada Kamis malam, kata saksi mata. Video yang direkam oleh wartawan Afghanistan menunjukkan puluhan mayat berserakan di sekitar kanal di tepi bandara.

Baca Juga: Pakar UI Bongkar Habis Vaksin Nusantara yang Disebut Siap Diborong Turki dan Diakui WHO

Seorang pejabat kesehatan dan seorang pejabat Taliban mengatakan jumlah korban tewas Afghanistan telah meningkat menjadi 72, termasuk 28 anggota Taliban, meskipun seorang juru bicara Taliban kemudian membantah bahwa salah satu pejuang mereka yang menjaga perimeter bandara telah tewas.

Negara Islam (ISIS), musuh Taliban serta Barat, mengatakan salah satu pembom bunuh diri menargetkan "penerjemah dan kolaborator dengan tentara Amerika".

Para pejabat AS bersumpah akan membalas serangan bom bunuh diri tersebut pada ISIS.

Jenderal Frank McKenzie, kepala Komando Pusat AS, mengatakan para komandan AS harus waspada karena lebih banyak serangan oleh ISIS, termasuk kemungkinan roket atau bom mobil yang menargetkan bandara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x