India Meradang Hingga Picu Islamofobia Usai Taliban Kembali Kuasai Wilayah Afghanistan

- 2 September 2021, 08:42 WIB
Ilustrasi bendera India.
Ilustrasi bendera India. /Pixabay/hari_mangayil.

GALAMEDIA - Kembalinya kekuasaan Taliban ke Afghanistan nampaknya membuat supremasi Hindu di India menjadi islamofobia terhadap minoritas muslimnya.

Politisi Muslim, penulis, jurnalis, influencer media sosial, dan warga biasa telah menjadi target kampanye kebencian di negara tersebut.

Segera setelah Taliban menggulingkan pemerintah yang didukung Barat bulan lalu, tagar #GoToAfghanistan mulai menjadi tren di media sosial India.

Selain itu, tagar #GoToPakistan juga diluncurkan oleh kelompok sayap kanan yang ingin mengubah India menjadi negara etnis Hindu.

Baca Juga: Persib vs Barito Putera Digelar di Stadion Indomilk Sport Center Tangerang, Ini Jadwal Lengkapnya

“Kata Taliban atau Talibani sengaja dimasukkan ke dalam kosakata massa oleh kedua sisi spektrum – orang-orang yang mungkin anti atau pro-BJP (Partai Bharatiya Janata),” penyair dan aktivis Hussain Haidry.

“Itu dilakukan seperti istilah Pakistan atau 'jihadi' atau 'aatankwadi' (teroris) dilontarkan sebagai cercaan terhadap Muslim," sambungnya.

Tak lama setelah Taliban mengambil alih Kabul, politisi BJP Ram Madhav menyebut pemberontakan Moplah 1921 sebagai salah satu manifestasi pertama dari "mentalitas Taliban" di India.

Di negara bagian Assam di timur laut, 15 Muslim, termasuk cendekiawan Islam, politisi dan jurnalis lokal, ditangkap karena diduga “mendukung” Taliban di postingan media sosial dan didakwa di bawah Undang-Undang Aktivitas Melanggar Hukum (Pencegahan) atau UAPA, anti-kejam.

Baca Juga: Misteri Gua Belanda yang Belum Terpecahkan, Kata 'Lada' Dilarang untuk Diucapkan

Di kota Lucknow, penyair terkenal Munawwar Rana menghadapi kemarahan sayap kanan ketika dia membuat analogi antara Taliban dan Valmiki, yang menulis epos Hindu, Ramayana.

“Sebagai orang India atau Muslim, kapan kita pernah mendukung teroris? Apa yang harus kita lakukan dengan Taliban? Tetapi jika ada ledakan di mana saja di dunia dan seorang Muslim terlibat, kami akan disalahkan untuk itu,” kata Rana kepada Al Jazeera.

Muslim lainnya, Shafiqur Rahman Barq, seorang politisi Uttar Pradesh, menghadapi tuduhan penghasutan karena diduga membandingkan perjuangan kemerdekaan India melawan Inggris dengan perjuangan Afghanistan melawan pendudukan AS.

Para pemimpin dan juru bicara BJP di India bahkan menyebut Taliban sebagai teroris sehingga menciptakan situasi yang semakin panas di India.

Baca Juga: Raisa Ungkap Ketakutan Terbesarnya di Kehidupannya Saat ini: Kuat Ga Ya Ngelewatin Semua Ini?

Sejak jatuhnya Kabul, saluran TV India telah menayangkan acara yang menggambarkan Muslim sebagai pembela Taliban atau juru bicaranya.

Banyak Muslim India mengatakan mereka diperiksa setiap kali insiden terkait teror yang melibatkan Muslim terjadi di mana saja dan masyarakat diharapkan mengutuk tindakan tersebut.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x