Baru Saja Diingatkan Kepala BMKG, Wilayah Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,0

- 5 September 2021, 20:34 WIB
Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5.0
Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5.0 /Tangkap layar/BMKG/

GALAMEDIA - Baru saja dibahas Ketua Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, wilayah Maluku diguncang gempa bumi magnitudo 5,0, Minggu, 5 September 2021, sekitar pukul 19.16 WIB.

BMKG menyebutkan lokasi gempa pada 2.59 Lintang Selatan, 127.43 Bujur Timur atau 83 kilometer Timur Laut Buru, Maluku.

Gempa ini memiliki kedalaman 23 kilometer.

Belum ada keterangan resmi perihal kerusakan atau korban akibat gempa bumi ini.

Sebelumnya BMKG membantu pemerintah provinsi Maluku meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi tektonik dan tsunami, dengan mengeluarkan rencana aksi yang perlu dilakukan di provinsi tersebut.

"Rencana aksi ini dibuat setelah tim BMKG melakukan verifikasi dan asesmen di lapangan pada sejumlah lokasi di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah," kata kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Ambon, Minggu, 5 September 2021.

Baca Juga: Potret dan Gaya Harris Vriza di Acara Ngunduh Mantu Leslar, Auto Meleleh!

Rencana aksi yang disampaikan kepada Pemprov Maluku berisi skenario jangka pendek yang harus segera dilakukan dengan waktu kurang dari setahun, jangka menengah (2-3 tahun) serta jangka menengah dengan waktu lima tahun.

Rencana aksi jangka pendek meliputi tujuh hal penting, yakni sosialisasi dan verifikasi peta bahaya dan peta risiko tsunami, penyiapan peta, jalur dan rambu evakuasi yang memadai, inventarisasi dan penyiapan gedung atau bangunan sebagai tempat evakuasi sementara serta penguatan sistem peringatan dini tsunami.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x