Gubernur Jabar dan Bupati Bandung Dampingi Menko Marves Tinjau TPSA Cicabe dan Progres Program Citarum Harum

- 7 September 2021, 13:23 WIB
Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Panjaitan, saat mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cicabe Kota Bandung, Selasa (7/9/2021).
Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Panjaitan, saat mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cicabe Kota Bandung, Selasa (7/9/2021). /Humas Pemkab Bandung


GALAMEDIA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Panjaitan, saat mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cicabe Kota Bandung, Selasa 7 September 2021.

Kunjungan kerja Menko Marves yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna tersebut juga untuk meninjau progres Program Citarum Harum.

“Hari ini saya bersama Pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mendampingi Pak Menteri untuk melihat kondisi pola penanganan sampah di Jawa Barat. Sekaligus rapat bersama untuk membahas dan mencari solusi serta rencana aksi,” ucap Dadang.

Baca Juga: Tak Sengaja Hubungi Polisi Gara-gara Ketiduran di Atas HP, Pengedar Ganja Kaget Kebangun Dicokok Saat Tidur

Dengan adanya tempat pembuangan atau pengelolaan sampah, imbuh bupati, kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai diharapkan semakin berkurang. Sehingga fungsi aliran sungai tidak terganggu, dan airnya pun tidak tercemar.

“Kabupaten Bandung juga akan mengusulkan penambahan beberapa lokasi tempat pengelolaan sampah, terutama di bantaran sungai. Semoga ke depannya Citarum bebas dari sampah dan limbah,” harap bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah menambahkan, ke depan rencananya pemerintah pusat akan membentuk command center Satuan Tugas Citarum Harum.

Baca Juga: Anies Baswedan Lemah ke Holywings Sementara HRS Dipenjara, Haris Pertama: SAKIT JIWA, Dimana Keadilan Hukum?

Seluruh sektor yang bertugas di lapangan dengan berbagai kegiatannya, akan dipantau di command center tersebut.

“Sehingga mempermudah dan mempercepat koordinasi. Ketika terjadi sedimentasi sungai, ada penumpukan sampah, saat ada bangunan liar di pinggiran sungai, itu bisa dikoordinasikan untuk segera dibersihkan. Intinya itu, dan itu akan dilakukan di semua Kabupaten Kota yang diundang hari ini,” terang Asep Kusumah. ****

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x