Mantan Ketum Muhammadiyah: Pemimpin yang Baik Adalah yang Menyatu Antara Ucapan dan Laku 

- 7 September 2021, 18:17 WIB
Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin.
Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin. /instagram

GALAMEDIA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin menjelaskan tipe pemimpin ideal menurut Islam. 
 
Hal tersebut disampaikan Din Syamsudin pada Minggu, 5 September 2021, dalam pengajian Virtual Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ngawi. 
 
Din Syamsudin mengatakan pemimpin yang ideal menurut Alquran adalah yang seperti Nabi Muhammad SAW. 
 
“Siapakah pemimpin yang ideal menurut Alquran? Saya kira kita bisa menjawab langsung bahwa pemimpin ideal dalam Islam itu telah dipersonifikasikan, telah ditampilkan dan dinyatakan, dikirim secara nyata oleh Allah Swt dalam diri Nabi Muhammad saw," kata Din Syamsudin. 
 
"Beliaulah pemimpin agung, pemimpin ideal yang memenuhi kriteria Alquran,” jelas Din Syamsudin mengutip ayat ke-21 Surat Al-Ahzab, dikutip Galamedia dari laman Muhammadiyah
 
Menurut Din Syamsudin, untuk mencari sosok yang ideal bisa kita cari dari ayat-ayat Alquran, tapi juga bisa kita pahami, kita pelajari. 
 
"Kita teladankan dari sosok seorang Nabi Agung Rasulullah saw yang tadi disebut Alquran sebagai uswatun hasanah,” imbuhnya. 
 
Lebih lanjut, Din menjelaskan bahwa empat ciri sifat Rasulullah yakni jujur, amanah, cerdas, dan transparan adalah ukuran untuk menentukan apakah pemimpin itu termasuk ideal atau tidak. 
 
Menurut Din, yang paling utama dari empat sifat tersebut adalah kejujuran atau As-Sidqu. 
 
Yang paling utama adalah kejujuran pada diri sendiri dan orang lain. Jika seseorang memiliki sifat jujur, maka sifat-sifat lainnya akan mengikuti. 
 
“Jadi pemimpin yang suka berbohong, suka berdusta, tiap waktu penuh dengan kebohongan, tidak menyatu antara ucapan dan laku, word in deed does not match, tidak matching dengan laku, dengan perbuatan itu adalah kebohongan,” imbuhnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X