Prabowo Subianto Maju di Pilpres 2024 Tanpa Saingan Kuat? Anies Baswedan, AHY dan Ganjar Pranowo Terganjal

- 8 September 2021, 12:45 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. /Tangkapan layar: YouTube Sekretariat Presiden


GALAMEDIA - Enam nama selalu diunggulkan untuk maju pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sandiaga Uno.

Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun menyebutkan keenam nama tersebut selalu unggul dalam sejumlah survei elektabilitas terkait Pilpres 2024 mendatang.

"Enam orang ini dianggap well establish untuk menjadi Capres dan Cawapres. Tiga teratas, Prabowo, Anies dan Ganjar," ungkapnya pada tayangan video YouTube pada kanal Refly Harun berjudul 'Mega Lengser, PDIP Pecah', dikutip, Rabu, 8 September 2021.

Namun demikian, ia mengisyaratkan dari keenam nama tersebut hanya beberapa saja yang berkemungkinan melaju pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Firli Bahuri Miris 239 Anggota DPR RI Ogah Serahkan LHKPN, Fahri Hamzah: Mereka Mungkin Lagi Sibuk Oposisi

Soalnya untuk maju di Pilpres 2024 ada dua syarat yang harus terpenuhi, yakni tingginya elektabilitas dan didukung tujuh partai koalisi pemerintah.

Dengan demikian, dari ketiga nama yang masuk tiga besar hanya Prabowo Subianto yang berpotensi untuk maju pada Pilpres 2024. Sehingga Ketua Umum Partai Gerindra ini bisa melenggang di Pilpres 2024 tanpa saingan kuat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Soalnya  Anies Baswedan berkemungkinan terganjal dalam hal dukungan tujuh partai koalisi. Terlebih, Gubernur DKI Jakarta ini bukan seorang kader partai.

Kalaupun Gubernur DKI Jakarta ini didukung PKS, namun dengan adanya presidential threshol sebesar 20 persen, maka tidak bisa mengusungnya karena keterbatasan tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x