Risma Ngomel Soal Bansos, Andre Rosiade Ungkap Surat Blokir Direktur Kemensos

- 11 September 2021, 07:54 WIB
Andre Rosiade
Andre Rosiade /Twitter.com/@andre_rosiade

GALAMEDIA - Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade menjelaskan duduk posisi Bank-bank BUMN dalam pembagian bantuan sosial (bansos) yang disoroti Menteri Sosial Tri Rismaharini beberapa waktu lalu.

Diketahui, sebelumnya Risma sempat memarahi beberapa bank BUMN yang menjadi mitra kemensos karena memblokir rekening penerima bansos.

"Menanggapi peristiwa pembagian bansos yang di mana Bu Risma terlihat marah-marah dan viral kepada petugas bank Himbara, bank BUMN, sebagai anggota Komisi VI saya ingin menjelaskan. Satu, tidak ada maksud bank BUMN untuk mempersulit pembagian bansos," kata Andre dalam keterangan persnya, Sabtu 11 September 2021.

Baca Juga: Monumen Gasibu Dijadikan Monumen Perjuangan Pahlawan Covid-19, Gubernur: Lambangkan Kesedihan dan Ketangguhan

"Karena apa? Dari awal BUMN-BUMN kita sudah dapat perintah yang jelas dari presiden dan menteri BUMN untuk bekerja keras membantu pemerintah untuk memerangi pandemi," sambungnya.

Alasan kedua, lanjut dia, tidak mungkin bank-bank BUMN melakukan tindakan menghalang-halangi kalau memang data dan perintah dari Kemensos jelas.

Menurutnya, permasalahan terjadi karena ada informasi yang mengungkap bahwa permintaan memblokir rekening penerima bansos merupakan permintaan salah seorang direktur di Kemensos sehubungan dengan data.

Baca Juga: Vaksin Nusantara Bisa Diproduksi Massal, Tenaga Ahli Menteri Kesehatan: Dukungannya Sudah Sangat Luas

"Yang ketiga, kita perlu jujur ya, sebagai Anggota Komisi VI yang bermitra dengan Bank BUMN atau Himbara, kami mendapatkan informasi bahwa ada surat blokir ya yang dikirimkan oleh Direktur Kementerian Sosial kepada bank-bank Himbara meminta untuk bantuan itu diblokir sementara dalam rangka pemenuhan data," tegasnya.

"Nah, ternyata Bu Risma melakukan protes ke lapangan, padahal bank tidak mau transfer karena perintah dari Kemensos. Ada surat dari direktur," tambah Andre.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x