Sesar Lembang Bisa Picu Gempa Magnitudo 6,8 dan Aktivitas Vulkanis Tangkuban Parahu, BNPB Mulai Bergerak

- 14 September 2021, 17:28 WIB
Gunung Tangkuban Perahu, salah satu lokasi yang dilewati Sesar Lembang
Gunung Tangkuban Perahu, salah satu lokasi yang dilewati Sesar Lembang /pixabay/ senjakelabu29

GALAMEDIA - Sesar lembang berpotensi menyebabkan gempa hebat akibat adanya pergeserannya. Namun hingga kini belum bisa diprediksi kapan terjadinya dan berapa besar getaran yang akan ditimbulkan dari aktivitas Sesar Lembang.

Meski begitu ada potensi pelepasan energi Sesar Lembang pada periode 500 tahun sekali.

Berdasarkan kajian paleoseismologi (studi tentang kejadian gempa di masa lalu) Sesar Lembang pernah melepaskan energi besar pada tahun 1600-an. Sehingga jika terjadi kembali 500 tahun setelah itu maka berikutnya terjadi di tahun 2100.

Jika terjadi gempa akibat pergerakan Sesar Lembang, maka bagaimana dampaknya? Kita simak beberapa potensi yang bisa terjadi berikut ini:

1. Gempa Bermagnitudo 6,8

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mewaspadai pergerakan bersamaan tiga segmen Sesar Lembang menimbulkan gempa bermagnitudo hingga 6,8.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Stasiun Bandung Rasmid mengatakan tiga daerah terutama Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Bandung Barat, bakal mengalami dampaknya.

"Kita waspadai dampak apabila tiga segmen sesar ini bergerak bersamaan, otomatis di sekitar dan sepanjang garis sesar akan mengalami kerusakan apalagi ini kan gempa dangkal," ujarnya.

Baca Juga: Pengembang Bandung City View 2 Resmi Ajukan Banding, Norman: Kami Memohon Keadilan dan Kepastian Hukum

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x