Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagoro Gelar Kebangsawanan Keraton Solo Untuk Gibran Rakabuming

- 21 September 2021, 16:20 WIB
Gibran Rakabuming Raka///Instagram.com/@gibran_rakabuming
Gibran Rakabuming Raka///Instagram.com/@gibran_rakabuming /

GALAMEDIA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat "kejutan" berupa penganugerahan gelar sebagai bangsawan dari Keraton Kasunanan Solo. Pasalnya Gibran sendiri tidak tahu-menahu dengan rencana pemberian gelar bangsawan yang dianugerahkan pada Senin , 20 September 2021.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu pun bergelar pangeran dengan nama lengkap Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagoro.

Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Dipokusumo atau Gusti Dipo, mengatakan pemberian gelar merupakan tata cara adat tradisi dari keluarga Keraton bagi tokoh yang memiliki kedudukan, pengaruh, dan kepedulian terhadap Keraton.

“Salah satunya, ya, pejabat, yakni Wali Kota Solo yang dapat gelar dari Sinuhun. Asmane Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagoro,” ujarnya.

Baca Juga: Giring Sebut Anies Tak Pantas jadi Presiden RI, Demokrat: Nyanyi Aja, Kalau jadi Politisi Nanti Mabok Darat

Namun karena Gibran tidak tahu akan diberi kejutan mendapat gelar bangsawan dari Kasunanan Solo, tidak heran bila Gibran kemudian tampil salah kostum karena saat itu, ia masih mengenakan seragam lapangan Satuan Polisi Pamong Praja.

Padahal biasanya upacara penganugerahan gelar kebangsawanan seperti ini digelar dengan mengenakan pakaian adat.

Baca Juga: Istri Jenderal Sarwo Edhie Meninggal Dunia, AHY Ungkap Sosok Nenek Tercinta: Dia Begitu Berkesan di Hati Kami

"Jadi tadi salah kostum, karena saya tidak tahu sebelumnya," tutur Gibran, dikutip pada Selasa, 21 September 2021. Gibran sendiri saat itu sedang di kompleks Keraton Solo untuk meninjau vaksinasi COVID-19 yang digelar, hingga tiba-tiba ia diminta menemui Paku Buwana XIII untuk mendapat gelar kebangsawanan.***

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x