Berikut Profil Lengkap Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang Dikritik PSI Sebagai Pembohong

- 21 September 2021, 16:57 WIB
Profil dan Biodata Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang Diperiksa KPK
Profil dan Biodata Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang Diperiksa KPK /@aniesbaswedan



GALAMEDIA - Baru-baru ini nama Anies Baswedan kembali menjadi perbincangan netizen.

Usai disebut Giring pembohong hingga tak pantas jadi Presiden RI 2024 mendatang, nama Anies Baswedan mendadak ramai di jagat sosial media.

Seperti yang diketahui, politisi PSI Giring Ganesha menyampaikan pandangannya terkait kinerja Gubernur DKI, Jakarta Anies Baswedan.

Giring menilai Anies Baswedan telah gagal memimpin DKI Jakarta dan merupakan seorang pembohong.

Pernyataan itu disampaikan lantaran Anies Baswedan masih tetap membayarkan kewajiban Pemprov DKI Jakarta yang ikut serta dalam acara balap mobil E Formula di tengah pandemi.

"Dia mengabaikan tekanan rakyat yang meminta dia membatalkan rencana balapan mobil Formula E, dan mengeluarkan 1 triliun uang rakyat untuk acara tidak berguna itu," kata Giring Ganesha.

Baca Juga: Kanjeng Pangeran Gibran Rakabuming Widura Nagoro Gelar Kebangsawanan Keraton Solo Untuk Gibran Rakabuming

Giring Ganesha lantas mengingatkan publik untuk tidak memilih Anies Baswedan sebagai Presiden Indonesia pada 2024 mendatang.

"Pura-pura peduli adalah kebohongan Gubernur Anies Baswedan di tengah pandemi dan penderitaan orang banyak. Rekam jejak pembohong ini harus kita ingat sebagai bahan pertimbangan saat pemilihan nanti di 2024," ucapnya.

"Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan pembohong. Jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan Anies Baswedan," sambungnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan profil Anies Baswedan, berikut selengkpanya:

Profil Anies Baswedan

Anies Baswedan punya nama lengkap Anies Rasyid Baswedan. Ia lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969.

Ayahnya, Rasyid Baswedan pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia (UII). Sedangkan sang ibu, Aliyah adalah seorang guru besar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Anies menumpuh pendidikan dini di TK Masjid Syuhada, Yogyakarta. Kemudian melanjutkan sekolah dasar di SD Laboratori, SMP Negeri 5, dan SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Kemudian kala SMA, Anies Baswedan berkesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar di Amerika pada tahun 1988-1989.

Melanjutkan kuliah ke Fakultas Ekonomi di Universitas adjah Mada (UGM). Anies Baswedan berhasil menyelesaikan studi S1 dan menyandang gelar sarjana di usia 26 tahun.

Ia juga melanjutkan studi S2-nya dengan beasiswa di University of Maryland, School of Public Policy, College Park, Amerika Serikat. Sedangkan S3-nya di Northern Illinois University, Department of Political Science, Dekalb, Illinois, Amerika Serikat.

Baca Juga: Istri Jenderal Sarwo Edhie Meninggal Dunia, AHY Ungkap Sosok Nenek Tercinta: Dia Begitu Berkesan di Hati Kami

Dalam karier politiknya, pertama kali Anies terjun ke dunia politik adalah dengan menjadi kader Partai Demokrat.

Lantas, karier Anies Baswedan naik ketika terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud periode 2014-2016. Namun kemudian Anies di-resuffle pada 27 Juli 2016.

Lalu, pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan dan pasangannya Sandiaga Uno terpilih. Anies akan mengakhiri masa bakti pada tahun 2022 mendatang.***

 
 

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x