Bansos Tunai BST Rp300 Ribu Dihapus, Hanya 2 Bantuan Ini yang Tetap Disalurkan Kemensos

- 22 September 2021, 07:18 WIB
Ilustrasi bansos UMKM yang sudah mulai cair pada September 2021 ini
Ilustrasi bansos UMKM yang sudah mulai cair pada September 2021 ini /M. Romli/Priangantimurnes

GALAMEDIA - Bansos Tunai atau Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu bagi masyarakat terdampak Covid-19 dihapus oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Kemensos menyebutkan bahwa alasan BST Rp300 ribu dihapus lantaran sejak awal program tersebut hanya diberikan pada saat darurat saja.

"BST cuma dua bulan. Jadi kan kemarin awal 2021 cuma empat bulan Januari sampai April, ditambah dua bulan karena PPKM darurat," kata Mensos Tri Rismaharini dilansir Antara, Rabu, 22 September 2021.

Baca Juga: Surat Al Ghasyiyah, Berikut Bacaan Arab, Latin, dan Artinya, Yuk Perbanyak Tadarus Alqurannya

Risma menegaskan bahwa pemberian BST Rp300 ribu itu hanya diberikan saat masa gawat darurat di masa pandemi. "Sudah, saya nggak berani. Itu memang BST penyalurannya disebabkan untuk pandemi," ujar Risma.

Sementara itu kata Risma, kedepannya terkait dengan Bansos akan dikomunikasikan dengan Menkeu. Dia juga mengatakan bahwa dirinya kini mendorong pemberian Bansos bagi para lansia yang membutuhkan.

"Mereka (lansia) dapat bansos, tapi kan Rp200 ribu, nah cuma Rp200-300 ribu. Mereka pasti masih kurang lah, oleh karena itu kita bantu," sebutnya.

Baca Juga: Asmaul Husna: Makna Al Mudzil, As Sami’, dan Al Bashir, Semoga Allah Mendengar dan Mengabulkan Doa-doa Kita

Kini setelah BSt Rp300 ribu dihapus, pemerintah melalui Kemensos hanya akan fokus pada dua Bansos reguler yang sebelumnya sudah berjalan . Kedua Bansos tersebut yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sebelumnya, Mensos menyalurkan BST Rp300 ribu bagi 10 juta masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Sedangkan di sisi lain, Risa juga menjabarkan strategi Kemensos dalam memerangi kemiskinan terlebih akibat terdampak pandemi.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x