Perluas Jaringan 4G di Wilayah Terpencil, Pengoperasian BTS USO Terus Ditambah

- 22 September 2021, 15:33 WIB
Ilustrasi internet. Perluas jaringan 4G di wilayah terpencil, pengoperasian BTS USO terus ditambah.
Ilustrasi internet. Perluas jaringan 4G di wilayah terpencil, pengoperasian BTS USO terus ditambah. /Pixabay

GALAMEDIA - Ketika ada sebagian penduduk Indonesia tersulut emosinya karena internet lemot, namun masih ada sebagian lainnya yang bahkan belum tersentuh oleh jaringan seluler.

Dimana ketimpangan bukan hanya perkara rasio gini, tetapi juga soal perbedaan akses.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 143,26 juta atau sekitar 55 persen dari populasi.

Artinya, masih terdapat 45 persen sisanya yakni sekitar 117 juta masyarakat yang masih belum tersentuh internet.

Baca Juga: Jelang Persib vs Borneo FC: Kabar Buruk dan Kabar Baik Hampiri Maung Bandung

Oleh karena itu, perlu terus dilakukan pembangunan infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur Indonesia, termasuk pembangunan dengan mengoptimalkan skema Universal Service Obligation (USO), bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sedikitnya di 181 titik terpencil yang berada di Kepulauan Maluku yang sangat luas, serta di Papua.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa pengoperasian BTS USO yang telah dimulai dari Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020, merupakan bagian dari implementasi komitmen pihaknya yang memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

"Memanfaatkan program USO, kami berupaya untuk turut menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok di 14 kabupaten yang berada di Kepulauan Maluku yang sangat luas, mulai Halmahera di Utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru di Selatan. Selain itu, kami juga mulai melayani 10 kabupaten di Papua dan Papua Barat yang rata-rata memiliki medan yang sulit," ungkapnya, Rabu, 22 September 2021.

Baca Juga: Chelsea vs Aston Villa di Piala Liga Inggris 23 September 2021: Head to Head sampai Prediksi Skor Akhir

Menurutnya diharapkan dengn keberadaan ratusan infrastruktur jaringan 4G tersebut, mampu mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga sekitar, serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar.

Gede menyebutkan 83 titik BTS USO 4G yang telah dioperasikan di Maluku Utara saat ini, tersebar di Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x