Jokowi Bubarkan 3 BUMN, Tagar #BUMNBangkrut Trending Topic, Erick Thohir: Kalau Bangkrut Disuntik Pemerintah

- 22 September 2021, 16:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir. /Anto Kurniawan/

GALAMEDIA – Tagar #BUMNBangkrut rajai trending topic Twitter Indonesia. Sejumlah warganet soroti maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk karena desas-desus akan bangkrut terlilit utang.

Menteri BUMN Erick Thohir akui jika beberapa perusahaan BUMN seringkali terlena dengan subsidi dan anggaran pemerintah. Ia menyindir keras perusahaan-perusahaan terkait yang jika bangkrut, disuntik pemerintah.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membubarkan tiga perusahaan pelat merah dan menggabungkannya dengan perusahaan BUMN lainnya.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Laporkan Haris Azhar, Dugaan Kriminalisasi Muncul: Tak Ada Urusan, Sudah Keterlaluan!

Tiga perusahaan yang dimaksud adalah yang pertama, penggabungan PT Bhanda Ghara Reksa ke dalam PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) berbarengan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) 97/2021 yang disahkan pada 15 September 2021. Dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan penetrasi bisnis jaringan distribusi perdagangan.

Yang kedua, sejalan dengan terbitnya PP 98/2021 yang diteken Presiden Jokowi di hari yang sama, 15 September 2021, dilakukan penggabungan perusahaan perseroan PT Pertani ke dalam PT Sang Hyang Seri.

Dengan tujuan yang sama, dan diharapkan dapat mendukung ketersediaan, keterjangkauan, inklusivitas, dan mutu benih dan bahan pangan.

Baca Juga: Kampus STMIK Amik Bandung Membuka Pendaftaran Vaksin Covid-19, Simak Cara Daftar dan Syaratnya!

Terakhir, Presiden Jokowi secara resmi menggabungkan PT Perikanan Nusantara (Perinus) ke dalam PT Perikanan Indonesia (Perindo) berdasarkan PP 99/2021 yang telah diteken pada 15 September lalu. Tujuan yang sama diharapkan mampu tercapai di sektor perikanan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x