Tinggal Duduk Manis di Rumah, Warga KBB Bisa Terima e-KTP

- 24 September 2021, 15:01 WIB
Ilustrasi e-KTP.
Ilustrasi e-KTP. /Bagus Kurniawan/Andre Desca Budi Gunawan

GALAMEDIA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) semakin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat salah satunya pengurusan administrasi kependudukan (adminduk).

Tanpa harus ke luar rumah, warga bisa menerima KTP elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah dicetak karena diantarkan oleh petugas disdukcapil.

"Semua pelayanan sekarang dilakukan online. Bahkan mereka (warga) yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik, kalau sudah jadi diantarkan oleh petugas ke rumah," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) KBB, Hendra Trismayadi didampingi Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Ilman Suherlan, di ruang kerjanya, Kamis, 23 September 2021.

Baca Juga: TAS Ibarat Romi dan Yuli dengan Guru, Aa Maung: Harus Bisa Diangkat jadi PPPK!

Menurutnya, Disdukcapil KBB telah bekerja sama dengan petugas dari PT Pos untuk pengantaran e-KTP dan KIA. Sehingga warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan karena semua sudah dibayar.

Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima ke masyarakat. Terlebih, ujar Hendra, selama pandemi COVID-19 pelayanan semua pelayanan dilakukan secara online.

Jadi tidak ada kerumunan atau antrean masyarakat di kantor Disdukcapil. Hal ini juga sekaligus menutup peluang adanya pungli atau praktik pencaloan yang bisa membebani masyarakat.

"Selain menggunakan petugas Pos kami juga melalui program Si Layung (Sistem Pelayanan Antar Langsung) mengoptimalkan petugas di desa dan kecamatan dalam memberikan pelayanan KTP supaya gampang," ujarnya.

Baca Juga: Usai Simpan Rapat Rahasia Leslar, Kini Irfan Hakim Bungkam Rahasia Ria Ricis dan Teuku Ryan, Kenapa?

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x