CDC AS Mendukung Vaksin Pfizer Booster, Tetapi Tidak dengan Layanan Kesehatan

- 24 September 2021, 18:47 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Pixabay.com/geralt

GALAMEDIA - Panel penasihat pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) pada Kamis merekomendasikan suntikan vaksin penguat (booster) Pfizer/Biontech bagi warga AS berusia 65 tahun ke atas dan orang dewasa dengan penyakit bawaan.

Namun, panel ini menolak merekomendasikan booster untuk dewasa muda, termasuk tenaga kesehatan, yang tinggal atau bekerja di tempat dengan risiko tinggi terkena Covid-19.

Rekomendasi itu mempersempit cakupan izin penggunaan darurat yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan makanan AS (FDA) pada Rabu 22 September 2021.

Panduan yang dibuat Komite Penasihat Praktik Imunisasi CDC setelah melakukan voting itu masih menunggu persetujuan dari Direktur Rochelle Walensky.

Baca Juga: Deputi Jasa Keuangan Kementerian BUMN Ajak Nasabah PNM Purwakarta Go Digital

Rekomendasi itu bersifat tidak mengikat, sehingga negara bagian atau yurisdiksi lain bisa mengabaikan dan menggunakan pendekatan lain dalam pemberian dosis penguat.

Keputusan CDC membuka jalan bagi pemerintah Amerika Serikat untuk mulai memberikan booster pekan ini kepada jutaan orang yang telah diimunisasi lengkap dengan vaksin Pfizer.

Selain lansia, komite juga merekomendasikan suntikan penguat bagi mereka yang berusia di atas 50 dan memiliki penyakit bawaan, juga bagi kelompok usia 18 – 50 tahun dengan kondisi yang sama, menurut profil risiko masing-masing.

Kondisi kesehatan yang dimaksud mencakup kanker, diabetes, kondisi jantung tertentu, penyakit ginjal kronis, dan gangguan paru paru.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x