Gatot Nurmantyo Ngotot PKI Gaya Baru Sedang Bangkit, Salim Said: Kita Tak Punya Bukti, Tapi Punya Ingatan

- 25 September 2021, 22:00 WIB
Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo
Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo /Facebook.com/Gatot Nurmantyo Soewantyo


GALAMEDIA - Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo sering membicarakan soal kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) gaya baru di Indonesia.

Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun mengatakan, isu kemunculan PKI gaya baru ini sering dibicarakan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

"Gatot Nurmantyo itu ngotot sekali mengatakan bahwa komunisme gaya baru itu sedang bangkit," kata Refly dikutip dari kanal Youtube Refly Harun, Sabtu, 25 September 2021.

Merespons hal tersebut, akademisi sekaligus aktivitas tahun 1960-an, Salim Said menuturkan, ada banyak tafsir mengenai hal itu.

Baca Juga: Satu Negara Bakal Gelap Gulita Mulai Akhir September Imbas Pemadaman Listrik Total di Lebanon

Isu kemunculan komunisme atau PKI gaya baru bisa saja ditafsirkan dari pernyataan anggota PDIP Ribka Tjiptaning.

"Itu kan tergantung tafsiran orang. Apakah kebangkitan itu ditafsirkan dari pernyataan dokter Ribka Tjiptaning yang bangga sebagai anak PKI," ucap Salim.

Salim menuturkan Ribka sempat mengakui dia menjadi penjabat penting di PDIP Bandung. Selain itu, Ribka juga sempat mengatakan bahwa anak PKI ada di PDIP.

"Ada tiga tafsiran, orang bisa menafsirkan jika PDIP menjadi rumah bagi anak-anak PKI. Kedua, publik bakal mengira PDIP menganggp PKI itu tidak apa-apa. Ketiga, orang luar punya tafsiran lain, PKI ada di dalam kekuasaan (pemerintah)," jelas dia.

Baca Juga: Manchester United vs Aston Villa : Bruno Fernandes Gagal Cetak Gol Saat Tendang Penalti, Setan Merah Kalah

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x