Vanuatu Berkomplot dengan Papua Nugini Serang Indonesia

- 26 September 2021, 21:43 WIB
Lokasi Negara Vanuatu.
Lokasi Negara Vanuatu. /Google Maps/

GALAMEDIA - Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman menyatakan di wilayah Pasifik masih ada daerah-daerah yang masih berjuang untuk menentukan nasib mereka sendiri.

“Di wilayah regional saya, seperti Kaledonia Baru, Polinesia Prancis dan Papua Barat masih berjuang untuk penentuan nasib sendiri,” ujarnya pada Sidang Umum PBB di sidang Majelis Umum PBB, Minggu, 26 September 2021.

Ia menyatakan, sidang majelis umum PBB adalah organ pembuat kebijakan utama Organisasi.

“Saat kita melihat ke depan, ke masa depan yang kita inginkan, kita harus membayangkan dunia yang bebas – yang bebas dari dominasi kekuasaan kolonial, penganiayaan dan pelanggaran hak asasi manusia,” kata Loughman.

Dengan memperhatikan prinsip “kesamaan hak dan penentuan nasib sendiri rakyat” sebagaimana diatur dalam Piagam PBB, menurutnya, penting bagi PBB dan komunitas internasional untuk terus mendukung wilayah terkait, memberi mereka kesempatan yang sama untuk menentukan nasib mereka sendiri.

Baca Juga: JK Kecam Keras Pembakaran Mimbar Masjid Raya Makassar, Sosiolog: Komunis Sedang Bangkit

Sebagai contoh kata Loughman, dengan hasil referendum baru-baru ini di Kaledonia Baru, dibandingkan dengan hasil 2018.

Saat ini ada selisih suara yang lebih sempit antara mereka yang memilih dan menentang kemerdekaan. Oleh karena itu penting bahwa referendum harus tetap bebas, adil dan transparan dan terus di bawah pengawasan PBB.

“Dalam hubungan inilah kami terus mengingatkan diri sendiri di Vanuatu tentang hubungan budaya kami yang kuat dengan pulau-pulau Umaenupne dan Umaeneag, yang biasa disebut dalam bahasa Inggris sebagai Kepulauan Matthew dan Hunter,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x