Peristiwa 28 September: 2 Mahasiswa Tewas Tertembak di Depan Koramil Kedaton Saat Ikuti Aksi Demo

- 27 September 2021, 22:31 WIB
Peristiwa 28 September: 2 mahasiswa di Lampung tewas tertembak di depan Koramil Kedaton Saat mengikuti aksi demonstrasi.
Peristiwa 28 September: 2 mahasiswa di Lampung tewas tertembak di depan Koramil Kedaton Saat mengikuti aksi demonstrasi. /Pixabay

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 28 September, dari tahun ke tahun.

Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Dua di antara peristiwa penting dalam negeri yakni tewasnya dua mahasiswa di Lampung dan gempa bumi yang mengguncang Palu serta Donggala.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 28 September, yang dirangkum Galamedia dari berbagai sumber:

Baca Juga: Vaksinator, Tenaga Kesehatan dan Petugas Administrasi pada Acara Vaksinasi Massal Seluruhnya Alumni SMAN 5

1945
Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) didirikan setelah pengambilalihan kekuasaan perkeretaapian di Indonesia dari pihak militer Jepang.

Hal itu ditandai pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya. DKARI menjadi operator kereta api untuk wilayah Republik Indonesia saat itu.

Dari pihak Belanda sendiri, dibentuk sebuah konsorsium perusahaan kereta api pemerintah-swasta dengan nama Staatsspoorwegen Verenigde Spoorwegbedjrif (SS/VS).

Hingga 31 Desember 1949, DKARI dan SS/VS masih berstatus sebagai operator kereta api. Per 1 Januari 1950, DKARI dan SS/VS dilebur menjadi Djawatan Kereta Api (DKA). Nama DKA pun berubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA), semasa Orde Lama.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x