Ingin Buka? Pemkot Bandung Mensyaratkan Karyawan Sektor Wisata Harus Tervaksin

- 28 September 2021, 10:47 WIB
SALAH seorang karyawan sektor pariwisata sedang mendapat vaksinasi Covid-19 pada pelaksanaan "Vaksinasi Pariwisata Bangkit"di Amazing Art & Games",  Senin 27 September 2021.
SALAH seorang karyawan sektor pariwisata sedang mendapat vaksinasi Covid-19 pada pelaksanaan "Vaksinasi Pariwisata Bangkit"di Amazing Art & Games", Senin 27 September 2021. /hj. Ati Suprihatin/

 

GALAMEDIA - Berhasil menurunkan status kewaspadaan Covid-19 ke zona kuning, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sedang melakukan upaya relaksasi di sejumlah sektor. Diantaranya relaksasi di sektor pariwisata seperti tempat wisata, hotel, cafe, dan restoran.

Pemkot mensyaratkan karyawan sektor pariwisata harus sudah tervaksin Covid-19. Tempat wisata juga wajib memasang barcode "Peduli Lindungi".

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat memantau pelaksanaan "Vaksinasi Pariwisata Bangkit" di Amazing Art & Games", Senin 27 September 2021. Vaksinasi Covid-19 diberikan kepada pegiat wisata serta warga sekitar lokasi dan remaja usia 12-17 tahun.

Yana mengatakan, kedua syarat tersebut sekaligus untuk melindungi pengunjung. Ia mencontohkan, cafe yang memiliki 20 karyawan, semua karyawannya harus sudah mendapat vaksin Covid-19. Apabila ada 4 karyawan yang belum divaksin, maka cafe boleh buka dengan 16 karyawan, sedangkan karyawan yang belum mendapat vaksin tidak boleh masuk kerja.

Baca Juga: Lesti Kejora dan Rizky Billar Bakal Dilaporkan ke Polisi Imbas Dianggap Lakukan Kebohongan Publik

Apabila pengelola memaksakan karyawan yang belum tervaksin tetap masuk kerja, maka usahanya bisa ditutup.

Begitu juga dengan barcode "Peduli Lindungi", pengelola harus memasang di pintu masuk lokasi. Pengelola terlebih dahulu mengajukan kepada asosiasi sebelumnya.

"Kita tidak pernah tahu, orang yang datang dari mana dan zona apa. Jadi satu-satunya kita memproteksi diri kita sendiri dengan vaksin dan Peduli Lindungi," ujar Yana.

Penyelenggaraan "Vaksinasi Pariwisata Bangkit" yang merupakan kerja sama Pemkot Bandung dengan Polda Jabar, merupakan salah satu upaya akselerasi vaksinasi Covid-19 kepada pelaku sektor pariwisata.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x