Sinergitas BNI dan Pemprov Maluku untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

- 28 September 2021, 21:11 WIB
Pemimpin BNI Wilayah 07 Hadi Santoso menuturkan bahwa, BNI selaku Bank BUMN akan terus berkomitmen untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku.
Pemimpin BNI Wilayah 07 Hadi Santoso menuturkan bahwa, BNI selaku Bank BUMN akan terus berkomitmen untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku. /Kiki Kurnia/Galamedia/

GALAMEDIA - Jalinan kerjasama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 Makassar (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) dengan Pemerintah Provinsi Maluku terus berjalan dengan baik.

Jalinan kerjasama tersebut diwujudkan dengan adanya pertemuan terkait percepatan pembangunan di Provinsi Maluku khususnya pengembangan UMKM yang berorientasi ekspor dan rencana pembangunan ruang pamer Xpora di Bandara Pattimura, Ambon .

Pertemuan tersebut dilakukan oleh Pemimpin BNI Wilayah 07 Hadi Santoso, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Lutfi Rumbia, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Dr Suryadi Sabirin, Kepala Pelindo serta Direktur dan komisaris PT MEA (Maluku Energi Abadi).

Pemimpin BNI Wilayah 07 Hadi Santoso menuturkan bahwa, BNI selaku Bank BUMN akan terus berkomitmen untuk mendukung program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memberikan pendampingan dan fasilitas kredit yang dapat menguatkan permodalan bagi para pelaku usaha.

Baca Juga: Muncul Varian Baru R.1 di Dunia, Kedatangan Orang Asing ke Indonesia Diperketat

"Saat ini BNI juga telah menyediakan layanan bagi pelaku UMKM untuk dapat menjangkau dan mengakses informasi terkait pasar Ekspor melalui program BNI Xpora dengan melakukan pendampingan, konsultasi masalah permodalan dan transaksi, juga membantu menghubungkan dengan diaspora di luar negeri dengan bersinergi dengan Kantor Cabang BNI di Luar Negeri," tambah Hadi Santoso dalam siaran persnya, Selasa, 28 September 2021.

Menurutnya, dengan pendampingan dari dinas terkait, Dekranasda dan perbankan kepada pelaku UMKM di Provinsi Maluku akan dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi untuk dipasarkan lokal maupun global.

Baca Juga: Ngaku Orang Gus Dur, Luhut Malah Heboh Kalau Dikritik, Adhie Massardi: Tidak Belajar Kearifan

Di Kota Ambon kanjut dia, akan dibuat booth display UMKM dan Kerajinan Nasional Daerah yang berlokasi di Bandara Pattimura. Booth mini Xpora ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk memperoleh informasi terkait Ekspor.

"Diharapkan ke depan produk-produk UMKM Maluku dapat bersaing dan lebih memiliki nilai jual ke pasar internasional," tutup Hadi Santoso.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x