Pembangunan Harus Buat Rakyat Makmur Bukan Sebaliknya, Rizal Ramli: Seperti Pembangunan di Orde Baru  

- 29 September 2021, 16:00 WIB
Ekonom senior, Rizal Ramli.
Ekonom senior, Rizal Ramli. /Twitter/@RamliRizal/

 

 

GALAMEDIA – Ekonom Senior, Rizal Ramli (RR) turut hadir dan menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk “Pembangunan untuk Apa dan Siapa?” yang disiarkan melalui kanal Youtube Bravos Radio Indonesia Rabu, 29 September 2021.

Dalam kesempatan kali itu, RR menyampaikan pembangunan seharusnya memiliki orientasi untuk memakmurkan dan mensejahterakan rakyat, bukan sebaliknya.

“Pembangunan, di bidang real estate, pertambangan, dan lain-lain itu justru alat untuk membuat rakyat lebih makmur, bukan sebaliknya, menjadi proses untuk memiskinkan rakyat secara structural,” ujarnya.

Tokoh Nasional ini mencontohkan pembangunan di masa Orde Baru, yakni pembangunan real estate Mega Kuningan.

Baca Juga: Ancam Buat Video 'Presiden Pembohong', Deddy Corbuzier Dijanjikan Menjabat Menpora

Kala itu, jelas RR, rakyat setempat dipindahkan dan diberi ganti yang justru menguntungkan hingga membuat rakyat senang.

“Mega Kuningan. Pada waktu itu arsiteknya Nugroho anak ITB. Dia cari beking lah waktu itu Bambang Soeharto. Nah, Mega Kuningan itu kan padat sekali.”

“Rakyat direlokasikan dengan luas tanah diganti dua kalinya di Bintaro Selatan. Terus dapat uang tunai pula, di samping dapat tanah dua kali lebih luas. Ya rakyat senang luar biasa,” paparnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X