FAKN Dorong Ketahanan Bangsa Hadapi Pandemi Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi

- 29 September 2021, 18:32 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir diantara Raja-raja Nusantara. Ade Hadeli/Galamedia//
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir diantara Raja-raja Nusantara. Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Selain menjadi ajang silaturahmi, Festival Adat Kerajaan Nusantara I (FAKN) 2021, yang mendaulat Kabupaten Sumedang sebagai tuan rumah, diharapkan bisa menjadi pendorong ketahanan bangsa, dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Demikian disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir pada acara pembukaan FAKN I di Halaman Gedung Negara, Rabu 29 September 2021.

Bupati mengajak seluruh peserta, untuk bersama-sama menciptakan Indonesia yang digjaya, yang mampu menaklukan gelombang peradaban, bahkan mengukir prestasi di era pandemi.

"Kita ciptakan sekarang juga, kita ciptakan dari deklarasi pikiran kita di bumi Sumedang Larang. Pikiran kita akan melahirkan perkataan. Perkataan akan menentukan tindakan. Tindakan yang dilakukan terus-menerus akan menghasilkan kebiasaan. Kebiasaan itu menjadi karakter dan karakter adalah nasib atau takdir kita. Jadi pikiran itu mencipta," ucap Bupati.

Menurutnya, dalam perspektif budaya, Indonesia sangatlah paternalistik dimana baik dan buruknya tatanan kehidupan bangsa dan negara, sangat bergantung kepada patron atau tokoh kunci yakni para raja-raja di Nusantara.

Baca Juga: Yuk Ikuti Kompetisi Bisnis di bank bjb dan Rebut Hadiah Ratusan Juta

"Para Raja yang hadir di Bumi Sumedang Larang ini, sesungguhnya adalah para patron nusantara yang diyakini dapat menginspirasi dan menggerakkan kesadaran sosial spiritual bangsa (social movement)," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI La Nyala Mahmud Mataliti yang membuka acara tersebut mengatakan, negara Indonesia telah memberikan amanat melalui Pasal 32 Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, maka sudah sepantasnya FAKN mendapat dukungan dan dijadikan agenda rutin.

Karena itu sudah sepantasnya, pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dan seluruh aparatur negara, memberikan dukungan yang konkret. Sebab amanat Konstitusi yang mengikat, semua elemen bangsa telah menyatakan dengan jelas bahwa 'Negara memajukan kebudayaan nasional.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x