Gempa Dahsyat M 7,6 Guncang Sumatera Barat, Padang Porak-poranda, Ribuan Orang Tewas pada 30 September 2009

- 30 September 2021, 06:59 WIB
Dampak kerusakan akibat gempa di Sumatera Barat, yang terjadi pada 30 September 2009 silam. Gempa magnitudo 7,6 ini menewaskan ribuan orang.
Dampak kerusakan akibat gempa di Sumatera Barat, yang terjadi pada 30 September 2009 silam. Gempa magnitudo 7,6 ini menewaskan ribuan orang. /AusAID/

GALAMEDIA - Tanggal 30 September mencatatkan sejarah yang menyedihkan bagi masyarakat Indonesia umumnya dan Sumatera Barat khususnya.

Di tanggal tersebut tahun 2009, daerah mereka diguncang gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,6. Akibatnya, Padang hingga Solok pun porak-poranda. Ribuan orang tewas.

Gempa Bumi yang mengguncang Ramah Minang itu terjadi di lepas pantai Sumatera Barat pada pukul 17:16:10 WIB.

Baca Juga: Dianggap Cari Panggung di Tiap September, Gatot Nurmantyo: Cuma Itu yang Bisa Saya Lakukan

Baca Juga: Man United vs Villarreal, Gol Ronaldo di Injury Time Bawa Setan Merah Raih Kemenangan

Pusat gempa tersebut terjadi di lepas pantai Sumatera. Jaraknya tak terlalu jauh dari Kota Padang, sekitar 50 km barat laut.

Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Bahkan guncangan dan kerusakan juga dirasakan di Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut data Satkorlak PB, sebanyak 1.117 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota dan 4 kabupaten di Sumatera Barat.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x