Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Nadiem Makarim: Pancasila Adalah Kekuatan Membangun Cita-Cita

- 1 Oktober 2021, 15:03 WIB
Nadiem Makarim.
Nadiem Makarim. /Instagram.com /@nadiemmakarim//

GALAMEDIA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makariem menyampaikan pidato memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Jumat, 1 Oktober 2021.

Dalam video yang ditayangkan kanal Youtube Kemendikbud RI, Nadiem menuturkan pentingnya peran Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Nadiem menyebut Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum membangun Indonesia yang tangguh dengan Pancasila sebagai kekuatan dalam membangun cita-cita.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Upaya Yusril Ihza Mahendra Tak Ada Guna, Politisi Demokrat: Begal Kan Harus Terus Diawasi!

“Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Dan sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita,” ujarnya.

Nadiem juga menyinggung situasi sulit di tengah pandemi memicu tantangan dalam menghadirkan pendidikan  berkualitas.

Mantan pengusaha ini mengatakan ketimpangan sosial dan geografis membuat tidak semua anak Indonesia mendapatkan akses pendidikan selama pandemi.

Baca Juga: Inovasi New Digital Experience Nasabah, BRI Telah Hadirkan 1 Juta Merchant QRIS

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang,” sambungnya.

Mas Menteri, begitu sapaan akrab Nadiem mengajak seluruh elemen bangsa untuk merancang keseimbangan baru yang mengedepankan semua kelompok lapisan masyarakat.

Juga memprioritaskan konvservasi alam dengan Pancasila sebagai titik berangkat sekaligus titik tujuan pembangunan bangsa dan negara.

Baca Juga: Kondisi Ezra Walian Kian Membaik, Siap Tampil di Laga Persib vs PSM

Di akhir pidatonya, Nadiem menegaskan kemerdekaan dalam belajar, berkarya, dan berbudaya akan melahirkan generasi pelajar Pancasila.

Kelak mereka menjadi penerus estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x